10 Tips Praktis Cepat Sembuh dari Flu

Flu merupakan penyakit yang paling sering kita alami. Perubahan cuaca, kelelahan, atau yang paling sering adalah tertular dari orang lain. Walaupun sering dianggap sebagai penyakit ringan, tetapi mengalami flu tidaklah menyenangkan. Juga, seiring bertambahnya waktu, virus-virus flu bermutasi menyebabkan timbulnya berbagai penyakit flu yang membahayakan.

Beberapa Penyebab Flu

Pilek sebagian besar disebabkan oleh rhinovirus dalam tetesan tak terlihat diudara yang kita hirup atau pada hal-hal yang kita sentuh. Lebih dari 100 jenis rhinovirus berbeda dapat menyusup ke lapisan pelindung hidung dan tenggorokan, memicu reaksi sistem kekebalan tubuh yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan sakit kepala, serta membuat sulit untuk bernapas melalui hidung.
Perokok lebih mungkin terjangkit flu dan gejala yang dialami akan lebih buruk, lebih lama, dan lebih cenderung mengarah pada bronkhitis atau bahkan pneumonia.

Tanda dan Gejala

Gejala pertama dari pilek sering gatal di tenggorokan, hidung berair atau tersumbat, dan bersin. Anak-anak yang menderita pilek juga merasakan sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala, demam ringan, kelelahan, nyeri otot, dan kehilangan selera makan. Cairan ingus dapat berubah dari cair menjadi kuning atau hijau tebal.

Tips Pencegahan dan Pengobatan Flu

Cara terbaik mencegah dan mempercepat penyembuhan bila keluarga Anda terserang flu adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh Anda ( Immune system ). Daya tahan tubuh sendirilah yang akan melawan virus flu tersebut sampai tuntas. 10 tips mencegah dan mempercepat penyembuhan flu diantaranya:

  1. Berjemur 10-20 menit di pagi hari (sebelum jam 10 pagi)
  2. Bilamana tidak ada matahari, seperti di musim hujan, mengomsumsi suplemen vitamin D alamiah. (untuk anak-anak bisa dengan dosis 400 IU, untuk dewasa 2.000 IU sampai 5.000 IU)
  3. Komsumsi sayuran dan buah-buahan segar, sebaiknya sayur tidak dimasak (dibuat salad) untuk mendapatkan enzimnya yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh ( Karena setelah dimasak, biasanya enzim-enzim penting yang terdapat dalam sayuran sudah hampir hilang semua).
  4. Istirahat selama 7 jam sehari.
  5. Kelola tingkat stress Anda, semakin Anda stress, smakin lemah daya tahan tubuh Anda.
  6. Olahraga teratur.
  7. Kurangi asupan gula dan karbohidrat dan ganti dnegan asupan protein, seperti sup ayam hangat yang kaya akan nutrisi asam amino cysteine, sangat bermanfaat untuk meringankan hidung tersumbat dan mengruangi produksi lendir karena flu.
  8. Hindari pemakaian obat-obat kimiawi dan antibiotik.
  9. Hindari penyuntikan vaksin flu supaya virus flu dalam tubuh tidak bertambah kuat.
  10. Bilamana gejala flu sangat parah, seperti demam diatas 38,9 derajat Celsius, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan.

Beri Nilai Artikel