3 Fakta tentang Tulang yang Perlu Diketahui

BerandaSehat.com – 3 Fakta tentang Tulang yang Perlu Diketahui memang layak untuk diinformasikan. Tulang merupakan bagian dari tubuh yang memiliki peranan penting. Tulang melindungi bagian organ dalam tubuh kita, tulang membantu menopang tubuh kita sehingga bisa berdiri, berjalan, membawa beban berat dan beraktifitas lainnya dengan lancar. Tulang akan membantu menopang tubuh selama masih hidup dan bisa memperlancar aktifitas. Sayangnya seringkali kesehatan tulang cenderung diabaikan. Tulang akan memperoleh perhatian ketika merasakan sakit.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang tentu saja dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang yaitu kalsium. Kalsium membantu menjaga kepadatan dan kekuatan tulang sehingga tidak mudah keropos atau mengalami osteoporosis. Hanya saja kepadatan tulang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Terutama bagi Anda yang telah berusia lanjut maka kepadatan tulang akan cenderung semakin berkurang. Itulah mengapa menabung kepadatan tulang sejak dini perlu dilakukan sehingga kekuatan tulang pun akan semakin lebih lama dan tidak mudah mengalami pengeroposan tulang atau osteoposoris.

Berikut ini ada 3 Fakta tentang Tulang yang Perlu Diketahui antara lain :

1. Tulang selalu mengalami pembentukan maupun penyerapan secara terus-menerus. Proses ini disebut dengan proses remodeling. Hanya saja proses ini terjadi pada orang-orang yang sehat.

2. Proses pembentukan tulang terjadi pada usia anak-anak dan remaja. Pada usia anak-anak dan remaja lebih banyak terjadi proses pembentukan tulang daripada proses penyerapan tulang.

3. Menabung tulang sebaiknya dilakukan sejak dini. Hal ini perlu dilakukan agar pada saat peak bone mass atau puncak masa tulang kedapatannya lebih optimal. Ketika terjadi proses pengurangan masa tulang secara alami karena bertambahnya usia maka tabungan tulang tersebut masih cukup. Sehingga risiko terjadinya osteopososis atau pengeroposan tulang bisa diminimalisir.

Bagaimana cara menabung tulang agar tetap sehat dan kuat hingga usia tua? jika saat ini usia Anda masih belum mencapai 30 tahun maka segera mulai saat ini juga. Karena sel-sel pembangun tulang akan tetap aktif bekerja hingga usia 30 tahun. Jadi sebelum mencapai usia tersebut, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan kinerja sel-sel tersebut sehingga bisa mencapai kepadatan tulang maksimum sehingga kekuatannya pun terjaga.

Caranya tentu saja dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tulang yaitu kalsium. Kalsium bisa diperoleh melalui susu yang mengandung tinggi kalsium, sayuran yang mengandung kalsium dan makanan lain yang merupakan sumber kalsium.

Semoga saja melalui 3 Fakta tentang Tulang yang Perlu Diketahui bisa mempermudah Anda untuk menjaga kesehatan tulang demi memperoleh tulang yang sehat di hari tua nanti.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •