Berikut 4 Jenis Ketulian yang Harus Diketahui

alat bantu dengar

Cara kerja alat bantu dengar pada dasarnya sederhana, karena prinsipnya ia adalah speaker yang nantinya akan memperbesar volume suara sebelum nantinya getarannya masuk ke bagian gendang telinga dari penderita gangguan pendengaran ini. Alat tersebut banyak sekali dijual di pasaran dengan harga yang relatif beragam, umumnya digunakan oleh mereka yang mengalami masalah pendengaran, baik itu karena faktor usia maupun faktor yang lainnya.

4 Jenis Ketulian yang Harus Diketahui

Tuli ini bukan berarti seseorang tidak mampu untuk mendengarkan suara sama sekali, tergantung dari intensitasnya sendiri. berikut ini diantaranya jenis-jenis ketulian yang harus diketahui, yaitu:

  1. Tuli ringan, tuli ringan ini biasanya dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia, entah itu anak-anak atau orang dewasa. Keadaan tersebut membuat mereka terkadang tidak mampu menyimak penjelasan atau perkataan dari lawan bicaranya dengan jelas, apalagi jika seandainya lawan bicara berada di tempat yang agak jauh atau kondisi lingkungan di sekitar tersebut sedang berisik.
  2. Tuli sedang, tuli sedang ini intensitasnya memang lebih parah dibandingkan dengan tuli ringan, karena memang seseorang nantinya tidak akan bisa menyimak pembicaraan dengan jelas, meskipun berada di tempat yang dekat sekalipun. Bahkan jika jaraknya sudah jauh maka tidak bisa mendengarkan suara lawan bicara sama sekali.
  3. Tuli berat, jenis ketulian yang harus segera mendapatkan pengobatan serius, karena penderitanya sama sekali tidak mampu untuk mendengarkan suara yang intensitas volumenya kecil ataupun sedang. Mereka hanya dapat mendengarkan suara yang volumenya keras saja, seperti suara sirine yang menyala.
  4. Tuli sangat berat, jika kondisinya sudah dalam tahap yang satu ini, membuat seseorang tidak mampu mendengarkan suara sama sekali dan pastinya tidak ada langkah pertolongan lain selain dengan mempelajari bahasa isyarat.

Jadi sebelum masalah pendengaran berlangsung menjadi lebih parah, maka jika mengalami kurang pendengaran sebelah atau tidak jelas mendengarkan sesuatu ada baiknya untuk segera mengobati. Atau agar tidak menganggu jalannya aktivitas, dianjurkan menggunakan alat bantu dengar, bisa dapatkan produknya di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai.

5/5 (2)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This