5 Hal yang Perlu Bunda Ketahui dalam Merawat Bayi Baru Lahir

tarahphotography.com

Kelahiran sang buah hati ke dunia menjadi kebahagiaan terbesar bagi semua ibu. Apakah Bunda akan menyambut kelahiran anak pertama? Jika iya, mungkin Bunda masih bingung dalam melakukan perawatan bayi.Perlu dimengerti bahwa bayi yang membutuhkan perawatan ekstra dan hati-hati. Bayi cenderung masih sangat sensitif dengan paparan lingkungan sekitarnya seperti perubahan pada udara, suhu, dan lain sebagainya. Nah, agar memudahkan Ibu dalam merawat bayi, simak 5 hal berikut ya!

Bayi Baru Lahir Umumnya Bengkak

Mungkin sebagian besar ibu sudah mengetahui fakta yang satu ini. Yup, ketika lahir ke dunia bayi akan terlihat bengkak pada sekujur tubuhnya. Jangan kaget, Bunda karena ini merupakan hal yang sangat wajar, mengingat anak menghabiskan sembilan bulan di dalam rahim. Namun lama kelamaan, bengkak tersebut akan menghilang dan wajah mungilnya pun terlihat semakin indah. Pesan untuk Bunda, selama bayi masih bengkak atau berumur satu hari, pastikan lebih ekstra hati-hati dan lembut dalam merawatnya ya!

Mandikan Bayi dengan Sponge

“Kapan sih tali pusar si Kecil akan lepas?” adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan para ibu. Umumnya, tali pusar bayi akan lepas setelah bayi berumur dua minggu. Nah, selama masa itu baiknya Bunda memandikannya dengan Sponge.Hal ini dikarenakan jika tali pusar selalu kering, akan semakin cepat pula tali pusar tersebut lepas. Oleh sebab itu, jauh lebih mudah untuk ibu membiarkannya kering jika memandikan sang buah hati dengan sponge. Jika tali pusar tersebut terkena air, jangan panik cukup lap secara lembut menggunakan kain.

Tidak Perlu Takut dengan Kepala Lembek

Ini dia hal yang kebanyakan ibu khawatirkan ketika merawat bayi. Bagian atas dari kepala bayi baru lahir tentu saja masih lembek. Hal inilah yang membuat kebanyakan ibu takut untuk menyentuh bagian tersebut. Kenyataannya, bagian tersebut sebenarnya tidak serapuh yang kita pikirkan, Bu. Tanya Remer Altman – dokter anak dan penulis dari buku Mommy Calls – menjelaskan bahwa tidak ada larangan dalam menyentuh titik lemah rambut tersebut dan rambut di dekatnya. Menurutnya, bagian lembek tersebut terlihat berdenyut karena berada di atas pembuluh darah yang menutupi otak. Jadi meski disarankan untuk lebih hati-hati, Bunda tidak perlu khawatir untuk menyentuhnya.

Kulit Bayi Umumnya Kering

Jika melihat tubuh bayi, umumnya mereka memiliki kulit yang sangat kering. Ini dikarenakan bayi terendam di dalam janin selama sembilan bulan. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, Bunda dianjurkan untuk mengoleskan baby lotionpada kulit bayi secara rutin. Pastikan Bunda mencari produk yang tidak mengandung wangi-wangian ya! Pelembap tersebut juga bisa digunakan dalam mengobati bentol dan ruam popok, Bu.

Hindari Tempat Keramaian

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bayi lebih mudah terpapar bakteri atau virus jika dibandingkan dengan orang dewasa. Ini dikarenakan bayi memiliki imun tubuh yang tergolong masih cukup lemah. Namun, bukan berarti Bunda harus mengurung diri di rumah. Jangan ragu untuk membawa sang buah hati jalan-jalan ke luar, tapi sebisa mungkin hindari paparan matahari berlebih dan tempat ramai seperti mallyang bisa menjadi biang penyakit.  Alternatifnya, Bunda bisa mengajak anak berkunjung ke rumah saudara atau taman dekat rumah.

Merawat bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan kasih sayang guna mendukung masa tumbuh kembangnya. Yuk, bersama-sama kita belajar dalam melakukan perawatan bayi yang baik. Semoga artikel ini membantu ya!

Baca juga artikel terbaru lainnya :

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *