5 Makanan Kaya Estrogen Baik Untuk Wanita Menopause

Berandasehat.comEstrogen merupakan hormon yang sangat dominan pada wanita, hormon estrogen merupakan jenis hormon steroid yang mempunyai tugas dan peran sebagai pembentuk karakter sek*sual pada wanita, makanya estrogen disebut juga dengan hormon wanita, meskipun pria juga memilikinya, namun hanya sedikit.

Pada saat wanita mengalami menopause produksi hormon estrogen semakin menurun, sehingga timbul berbagai gejala seperti kelelahan, keropos tulang, dan bahkan bisa menyebabkan depresi. Untuk mengantisipasi akan hal ini sering kali dibutuhkan asupan obat non-steroid untuk menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh.

Namun, ada beberapa jenis makanan ternyata memiliki kandungan estrogen yang tinggi dan alami, yang mampu menekan efek menopause yang berlebihan yang dikutip dari stylecraze.com, kita intip yuk.

Biji Rami
Biji rami mungkin agak asing bagi Anda, dan jarang dijumpai. Namun biji-bijian ini dengan mudah bisa Anda dapatkan di toko yang menjual biji-bijian. Kandungan dari biji rami seperti fitoestrogen ( lignan ), biji ini juga mengandung serat yang tinggi. Dalam satu ons biji rami memiliki kandungan 85,5 mg lignan, luar biasa bukan ? Anda dapat menjadi bubur dan sop.

Kedelai
Kedelai juga sangat baik untuk menyeimbangkan kadar estrogen dalam tubuh wanita menopause, kedelai bisa diolah dengan berbagai bentuk, seperti direbus, atau dibuat menjadi tahu, tempe, dan susu kedelai. Yogurt dari kedelai juga baik untuk menyeimbangkan tingkat estrogen.

Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan isoflavonoid, yakni sebesar 603.3 mg fitosetrogen per 100 gram bawang putih. Caranya dengan dikunyah digoreng sebentar, jika mulut Anda bau bawang, usahakan minum lebih banyak air.

Biji Wijen
Kandungan phyoestrogen atau lignan dari wijen juga sangat baik untuk wanita menopause, terdapat 11.2 mg lignan dalam satu ons biji wijen. Oh ya selain biji wijen, biji matahari juga baik dikomsumsi karena mampu menstabilkan kadar estrogen pada wanita menopause.

Buah Aprikot, Kurma dan Prune
Jenis buah kering seperti aprikot, kurma dan juga prune adalah makanan yang kaya akan estrogen. Aprikot dan prune mungkin agak susah didapatkan, tapi buah kurma bisa menggantikan dan cukup mudah Anda dapatkan.

Wah, ternyata banyak juga ya jenis makanan yang kaya akan estrogen, sehingga bisa mengurangi ketergantungan dengan obat-obatan non-steroid. Kabar baiknya Anda juga bisa mengomsumsi makanan ini walaupun belum menopause, mengapa ? karena makanan ini sangat baik dikomsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Baca juga : Kenali 4 Ciri Akan Menopause

Sumber : Vemale.com