5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Seperti kita ketahui bahwa diabetes merupakan jenis penyakit gangguan insulin pada tubuh kita, bisa berupa ketidakmampuan tubuh menghasilkan insulin, insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik di dalam tubuh, yang menyebabkan gula darah meningkat lebih dari normal . baca juga : Resep herbal diabetes di sekitar kita

5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes Salah satu faktor yang teramat penting untuk mengendalikan penyakit kadar gula ini adalah dengan menerapkan pola dan gaya hidup sehat, termasuk dalam hal memilih makanan untuk dikomsumsi sehari-hari. Berikut ini ada 5 jenis makanan yang kurang baik untuk penderita diabetes, atau kita sebut sebagai makanan pantangan bagi para penderita penyakit kencing manis.

1.Mie dan Pasta
Sebagian besar mie dan pasta memiliki indeks glikemik yang tinggi. Artinya pasta dan mie dibuat dengan olahan bahan utama karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. Komsumsi karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

2.Nasi
Kurangi komsumsi nasi putih karena kandungan karbihidratnya sangat tinggi. Anda bisa menggantinya dengan nasi yang berasal dari beras merah maupun beras coklat.

3.Kafein
Beberapa penelitian, salah satunya yang berjudul “Diabetes Care” ditulis oleh Hudson Lee dan Klipatrick di tahun 2005 menunjukkan bahwa kafein memiliki dampak negatif pada penderita diabetes. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda mengurangi semua jenis minuman yang mengandung kafein.

4.Kentang
Kandungan karbohidrat pada buah atau sayur kentang yang tinggi membuat indeks glikemiknya juga tinggi, oleh akrena itu kurangi komsumsi kentang, baik yang dipanggang, direbus, maupun yang di goreng.

5.Roti Putih
Kurangi komsumsi roti yang terbuat dari jenis tepung putih. Lebih baik pilih roti yang terbuat dari tepung gandum. Selain memiliki banyak serat juga baik untuk jantung Anda. Mengelola diabetes melalui diet berarti menerapkan pola makan seimbang dan membatasi diet secara terkendali. Hal ini berlaku untuk semua penderita diabetes, tidak memandang jenis diabetesnya. Dalam beberapa kasus, pola diet yang baik saja sudah cukup untuk mengendalikan diabetes tipe-2. Namun jika Anda menderita diabetes tipe-1 (Insulin dependent diabetes), Anda perlu menyeimbangkan asupan makanan dan suntikan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula terbaik Anda. Semua penderita diabetes tipe-1 harus mendapatkan suntikan insulin, tetapi hanya sebagian kecil dari penderita diabetes tipe 2 yang memerlukannya.

Demikian 5 pantangan makanan bagi penderita diabetes yang harus di hindari agar kadar gula darahnya bisa terkendali, dan juga terhindar dari berbagai macam komplikasi diabetes yang berbahaya.

Beri Nilai Artikel