5 Solusi Sehat Cegah Batu Empedu

Berandasehat.com – Salah satu penyakit yang kerapkali menyerang kantung empedu adalah batu empedu, meskipun penyakit batu empedu kasusnya termasuk jarang, namun yang berbahaya adalah kita sulit mendeteksi lebih dini penyakit ini, mengapa ? karena biasanya batu empedu baru memberikan gejal pada saat kondisi sudah parah. Namun, seperti pepatah yang mengatakan “ lebih baik mencegah daripada mengobati “, mengapa kita harus menunggu terjadi penyumbatan pada saluran empedu, baru di obati ? bukankah lebih baik kita mencegahnya lebih awal untuk mengurangi risiko terkena batu empedu ?

Umumnya penyebab paling signifikan dari batu saluran empedu adalah kolesterol tinggi sehingga terjadi pengendapan di dalam kantung atau saluran empedu, oleh karena itu cara terbaik untuk mencegah terbentuknya batu empedu, maka disarankan untuk mengomsumsi beberapa bahan makanan segar yang mudah Anda dapatkan didapur ( dikutip dari : stylecraze.com ), diantaranya :

Si Kuning : Kunyit
Kunyit merupakan tanaman herbal Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah terbentuknya batu empedu, menurunkan kolesterol, dan menetralisir racun, serta melancarkan peredaran darah. Caranya simpel Anda hanya perlu minum kunyit yang telah dihaluskan dengan segelas kecil air dan madu setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya.

Mentimun, Wortel dan Buah Bit
Kombinasi dari wortel, buah bit dan mentimun yang dipadukan menjadi minuman segar jus adalah cara smart menghindari terbentuknya batu empedu. Karena ketiga bahan tersebut mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Disarankan untuk minum jus buah ini sekali sehari.

Minum Air Putih 6-8 Gelas Sehari
Minum air putih yang cukup merupakan salah satu cara detoks yang baik dan alami, yang mampu meluruhkan racun-racun dan semua sampah yang tidak diperlukan oleh tubuh, kemudian dibuang melalui urin dan keringat. Cara ini juga efektif untuk mengoptimalkan proses pengubahan lemak menjadi energi.

Makanan Kaya Vitamin C
Tidak diragukan lagi akan khasiat dan manfaat Vitamin C bagi tubuh. Efek antioksidan yang luar biasa mampu menangkal radikal bebas dan mampu meremajakan sel-sel dalam tubuh Anda.

Diet Sehat
Diet yang sehat juga penting dilakukan untuk melengkapi usaha Anda dalam mencegah batu empedu, tidak perlu ragu untuk mengurangi makanan yang berlemak, bersantan, gorengan atau makanan yang sering dimasak berulang. Banyak makanan serat, buah dan sayur juga baik dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

Menerapkan pola hidup sehat mampu mencegah berbagai gangguan penyakit, termasuk batu empedu, dan membuat hidup Anda lebih sehat berkualitas.