6 Cara Pengobatan Flu yang Bisa Dilakukan di Rumah

Berandasehat.com – Saat seseorang mengalami sakit flu akan membuatnya tersiksa. Biasanya sakit flu akan membuat tubuh terasa lemas, demam, sakit tenggorokan, hidung tersumbat atau justru ingus mengalir terus, rasanya hanya ingin tiduran, badan menggigil dan sebagainya. Ketika dibawa ke dokter tentu saja dokter akan memberikan resep obat antivirus influensa yang menyerang Anda sehingga penyakit tersebut bisa segera diatasi. Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk mengobati flu yang bisa dilakukan di rumah. Cara alami dan sangat mudah.

Beberapa 6 Cara Pengobatan Flu yang Bisa Dilakukan di Rumah mengutip dari MeetDoctor.com antara lain :

1. Perbanyak Cairan. Penyakit influensa akan membuat badan kekurangan cairan atau dehidrasi. Apalagi jika Anda mengalami demam, mual bahkan diare. Cairan yang harus dikonsumsi sebaiknya ditambah. Anda bisa mengonsumsi air putih, minuman elektrolit, jus buah, maupun mengonsumsi buah secara langsung. Minum campuran lemon dan madu juga bisa dilakukan. Kandungan vitaminnya mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mengonsumsi Sup Ayam. Kandungan rempah-rempah atau bumbu sup ditambah protein ayam membuat sup ayam telah dipercaya dari dulu mampu menyembuhkan sakit flu. Anda bisa mencoba kehangatan sup ayam tersebut.

3. Menghirup Udara Lembab. Menghirup udara lembab dengan mandi uap akan membantu meringankan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

4. Biarkan Tubuh Istirahat. Terkadang orang yang memiliki beban pekerjaan yang cukup banyak cenderung tidak menghiraukan apa yang sedang dirasakan tubuh. Padahal sebenarnya tubuh telah memberikan sinyal atau tanda bahwa harus istirahat. Sebaiknya lupakan sejenak beban pekerjaan Anda, dan istirahat sampai tubuh sehat kembali.

5. Menguapi Hidung. Untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda bisa membawa panci atau baskom yang berisi air panas. Kemudian taruh kepala Anda tepat di atas baskom tersebut dengan ditutup handuk. Biarkan Anda bernafas setidaknya 30 menit. Lebih efektif lagi jika air tersebut ditetesi dengan minyak peppermint atau eucalyptus.

6. Berkumur dengan Air Garam. Jika tidak tahan dengan sakit tenggorokan, Anda bisa mencoba berkumur dengan air garam. Air garam akan membantu mengurangi lendir yang berada di tenggorokan.

Semoga 6 Cara Pengobatan Flu yang Bisa Dilakukan di Rumah akan membantu meredakan sakit flu yang tengah diderita Anda ataupun anggota keluarga. Jangan lupa juga untuk tetap makan secara teratur dengan cukup nutrisi sehingga akan mempercepat pengobatan flu yang tengah dilakukan. Baca juga Ini Dia Fakta tentang Kebiasaan Kerokan dan Masuk Angin.