6 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan

Berandasehat.comР Cara Menjaga Kesehatan seringkali menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Kesehatan adalah kunci seseorang bisa beraktifitas dengan lancar. Apapun jenis aktifitas yang dilakukan, jika orang tersebut dalam kondisi yang kurang sehat biasanya tidak akan maksimal. Sebenarnya untuk meningkatkan menjaga kesehatan bukan hal sulit. Anda bisa memulai untuk meningkatkan daya tubuh dengan rutin melakukan beberapa aktifitas untuk meningkatkan imun tubuh setiap harinya. Sehingga Anda pun bisa lebih menjaga kesehatan di kemudian hari.

Berikut ini ada 6 Cara Sederhana untuk Menjaga Kesehatan mengutip dari healthylivinghowto.com beberapa diantaranya adalah :

1. Bernyanyi. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa menganyi secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Jadi jika Anda memiliki kebiasaan menyanyi di dalam kamar mandi, secara tidak langsung Anda telah melakukan upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Menyanyi bisa dilakukan saat sedang mencuci, menyetrika baju, mencuci piring, memasak, mengepel dan lainnya.

2. Tertawa. Berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan bahwasanya tertawa mampu mengaktifkan protectiv T-cells dan meningkatkan produksi antibodi dalam tubuh. Jadi tidak ada salahnya menonton film komedi, acara komedi, membaca komik, dan lainnya yang mampu memancing Anda tertawa. Tetapi tetap saja jangan terlalu berlebihan karena mungkin ada debu yang bisa masuk saat Anda tertawa terbahak-bahak atau berlebihan.

3. Mengonsumsi Prebiotik. Bakteri baik dalam prebiotik sangat baik untuk sistem imun tubuh manusia. Sehingga ada baiknya mengonsumsi makanan atau minuman seumber prebiotik misalnya yogurt yang memang dikenal sebagai sumber bakteri baik.

4. Konsumsi Omega 3, DHA dan EPA. Omega 4, DHA dan EPA merupakan nutrisi baik bagi otak dan sistem imun tubuh. Sehingga Anda sesekali bisa memasukkan menu makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan laut dalam makanan yang dikonsumsi.

5. Tidur Teratur. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur bisa menurunkan jumlah sel-sel dalam tubuh. Selain itu juga membuat kemampuan tubuh untuk memerangi patogen penyebab penyakit menjadi kurang efektif. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur kurang dari 8 jam sehari sebaiknya mulai meningkatkan jam tidur sehat Anda mulai dari sekarang.

6. Olahraga secara Teratur. Olahraga menurut penelitian tidak hanya mampu membuat tubuh memerangi penyakit saja. Penelitian menyebutkan bahwasanya olahraga mampu menurunkan risiko terkena penyakit seperti osteoporosis dan kanker. Tidak ada salahnya menyempatkan jalan kakisetiap hari untuk meningkatkan kemampuan tubuh memerangi berbagai penyakit.

Bagaimana? Cukup mudah bukanCara Menjaga Kesehatan yang bisa dilakukan setiap harinya agar badan tetap sehat dan bugar sehingga lancar dalam menjalankan berbagai aktifitas.