Kenali 6 Makanan Untuk Penderita Maag Kronis Agar Perut Nyaman

Banyak pertanyaan dari penderita gangguan lambung tentang apa saja sih makanan untuk penderita maag kronis? Perlu diketahui, bila seseorang terlambat mengisi perut ataupun menikmati sesuatu yang memicu kambuhnya maag, maka rasa sakitnya bakal dirasakan sepanjang waktu. Kondisi perut serasa bergejolak mual dan perih melilit. Sedangkan efektivitas obat antasida sebatas meredakan nyeri sementara saja.

Makanan untuk maag kronis

Itulah mengapa pola makan sehari-hari sangat menentukan kualitas organ pencernaan Anda. Gerakan saluran cerna penting dijaga tetap stabil supaya komplikasi serius akibat sakit maag dapat dicegah. Seperti refluks asam lambung hingga serangan jantung akibat GERD yang beresiko kematian.

Tips Konsumsi Makanan Untuk Penderita Maag Kronis

Nah apa yang bisa dilakukan sendiri untuk mencegah penyakit ini datang berulang? Sebagai penderita maag jangan abaikan asupan sehat bagi kebutuhan tubuh sehari-hari. Pertama mulailah dari keteraturan jadwal makan selama beraktivitas harian. Kemudian memilih berbagai jenis makanan untuk penderita maag kronis yang takkan menimbulkan efek samping.

1. Pemicu Yang Seperlunya Dihindari

Jika salah makan bisa terjadi efek iritasi pada lambung sampai ke duodenum atau usus 12 jari. Karenanya hindari makanan pedas, terkandung keasaman tinggi, berlemak banyak, serta jenis sayur kubis dan sawi pemicu gas di dalam perut. Di sisi lain berhentikan dulu kebiasaan minum laktosa susu, kopi berkafein, serta minuman ringan beralkohol.

2. Sumber Nutrisi Sebaiknya Ditambahkan

Sebaliknya sangat penting tetap mengkonsumsi asupan gizi makanan untuk penderita maag kronis meskipun selera makan Anda sedang turun. Temukan berbagai sumber nutrisi yang sanggup diterima lambung Anda. Di antaranya sayuran dan buah-buahan berserat, lauk-pauk berprotein, serta bahan alami pelengkapnya seperti berikut ini.

• Bubur Nasi Dengan Sayuran

Saat maag sedang kambuh lebih baik mengkonsumsi bubur yang mudah dicerna, tambahkan pula cincangan sayur hijau seperti bayam atau sawi. Sementara sumber protein bisa didapat dari telur ayam rebus.

• Roti Gandum, Oatmeal, Susu Almond

Penderita maag kronis harus menghindari roti tawar beserta susu saat sarapan pagi. Pasalnya kandungan ragi juga mendorong produksi gas dalam lambung. Terlebih lagi ditambah susu sapi murni ataupun kopi hitam.

Sebagai ganti dianjurkan serat tinggi dari roti gandum bersama semangkuk oatmeal bernutrisi. Pendampingnya jikalau terbiasa minum susu pilih produk non-fat atau dengan sedikit lemak saja. Susu almond sangat dianjurkan sebab terbuat dari jenis kacang-kacangan alami.

• Sayuran Segar

Kombinasi salad sayuran sebagai makanan untuk maag kronis bisa dipadukan lewat kukusan kentang, brokoli, buncis, dan juga wortel. Perpaduan ini sehat dan mengenyangkan lebih lama terutama jika disantap bersama nasi merah. Sepiring bayam rebus juga termasuk daftar sayuran paling aman dikonsumsi bila Anda menderita maag yang kronis.

• Daging Rendah Lemak

Mengkonsumsi makanan berlemak, berminyak, dan bertepung berpotensi membuat kondisi lambung semakin buruk. Jika ingin menu daging pastikan jenisnya rendah lemak serta diolah tanpa kucuran minyak terlalu banyak. Semisal dengan cara dipanggang atau dibakar sampai matang.

• Buah-Buahan

Buah-buahan yang cocok untuk mengimbangi masalah sakit maag antara lain pepaya, apel, pisang, semangka, dan melon.
Selama ini pisang sangat dipercaya mampu meredakan gejala tekanan darah tinggi disertai nyeri migren. Ternyata khasiat lainnya juga sangat bagus untuk meringankan sakit maag. Adanya kandungan serat, antioksidan, kalium, beserta nutrisi lain sanggup menjaga kesehatan sistem saluran cerna, terutama lambung. Begitu juga khasiat pepaya sebagai buah pembersih usus Anda.

• Ramuan Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah peredam berbagai gangguan perut melilit, khususnya tukak lambung. Di dalam rempah ini terkandung zat kurkumin yang kaya antioksidan bahkan berkhasiat antiradang. Seduh satu gelas rebusan air kunyit bersama sesendok makan madu alam. Diminum hangat sebelum makan untuk melindungi dinding lambung.

Itulah tadi berbagai makanan untuk maag kronis agar kondisinya tidak semakin parah. Perlu diingat pula tentang prinsip pencernaan sehat dan seimbang, yaitu biasakan “makan sedikit-sedikit tapi sering”. Perbanyak meminum air putih daripada minuman manis berkalori gula tinggi.

Selain itu tetap wajib berolahraga secara teratur sambil mengatur asupan bernutrisi yang dapat menambah energi. Satu hal lagi, yaitu hindari stres agar sakit maag tidak menumbangkan Anda disaat berkegiatan.

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)