6 Tanda Yang Menunjukkan Bayi Sakit dan Harus di bawa ke Dokter

Beranda Sehat – Rasa tanggung jawab dan kasih sayang orang tua terhadap bayinya, kadang-kadang membuat mereka panik dan takut terjadi hal-hal yang buruk pada bayinya, khususnya mereka yang hanya mempunyai waktu terbatas dalam berhubungan dengan sang bayi.

Menurut suatu penelitian menemukan tanda-tanda yang harus di kenali untuk mengetahui adanya penyakit yang serius pada bayi di bawah usia 6 bulan. Caranya dalah dengan melihat respon bayi terhadap masalah yang mengenainya.

Pada usia 6 bulan pertama, hampir semua bayi menderita jika terkena penyakit infeksi pada derajat tertentu. Penyebabnya kemungkinan adalah virus. Respon yang sehat dari bayi yang terkena infeksi adalah dengan menangis berkepanjangan, protes yang kuat, atau tidur yang kurang maupun tuntutan perhatian yang berlebihan. Konsekuensinya, para orang tua harus memberikan makanan lebih banyak, menenangkan dan membawanya ke dokter. Respon yang mengkhawatirkan terhadap infeksi adalah jika bayi itu muntah, tidur lebih banyak, tidak mau makan, lebih pucat dari biasanya. Keadaan ini membutuhkan dokter dengan segera.

Jika tidak ada satupun penyebab yang ditemukan pada bayi, maka awasilah dengan lebih teliti, beri makan lebih banyak dan laporkan kemajuannya pada dokter.

Hal lain yang penting di ketahui adalah cara bayi makan, bernapas, bergerak, bereaksi, dan buang air kecil. Jika melihat perbedaan perilaku dibandingkan saat ia sehat, maka secara intuisi kita dapat mengetahui dengan mudah kapan ia benar-benar sakit dan butuh pertolongan segera.

Ada 6 tanda yang menunjukkan bayi benar-benar sakit dan harus di bawa ke dokter, yaitu :

Makan atau minum kurang dari 50% dari biasanya lebih satu hari. Jika Anda menyusui, perhatikan berapa lama da berapa kuat nayi mengisap air susu. Perhatikan jika ia mulai malas menyusu atau kurang menyusu.
Sulit bernapas. Perhatikan apakah ada cekungan pada otot dada bayi pada saat ia menarik napas atau mengisap.
Respon yang kurang dari biasanya atau kelihatan seperti mengantuk. Amati baik-baik apakah ia mengantuk dalam jangka panjang dan waktu yang lama dan menetap. Ini menunjukkan penyakit yang lebih serius.
Buang air kecil kurang dari 4 kali dalam 24 jam
Tidak aktif seperti biasanya.
Tubuhnya tampak pucat, padahal saat yang sama tubuhnya panas.

Meski tidak seluruh bayi dengan tanda salah satu diatas menderita penyakit serius, namun pemeriksaan ke dokter perlu di lakukan. Makin bertambah tanda yang ditemukan ( dua atau tiga ) tanda, makin parah penyakit yang di derita bayi.

Tanda-tanda Lain yang Berbahaya

Tanda-tanda berikut ini memang jarang ditemukan, namun bila ada berarti keadaan penyakit anak cukup berbahaya, yakni.

Muntah berwarna kehijauan
Kejang ( pergerakan bola mata yang abnormal disertai kekakuan kaki, kesadaran menurun ).
Lidah berwarna biru, sianosis.
Pernapasan berhenti lebih dari 20 detik.
Perut kembung ( membuncit, bertambah lebih dari 2 cm tanpa diikuti penaikan pusat bayi atau pusar ) bayi.

Kombinasi dari beberapa tanda diatas menunjukkan bahwa bayi butuh pertolongan secepat mungkin.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *