7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Beranda Sehat.com – Jika hidung Anda berair atau tersumbat, Anda susah bernafas, tidak bisa mencilum bau, dan hanya bisa bernafas dari mulut. Anda mungkin batuk di malam hari karena mukus menetes di bagian belakang tenggorokan. Jika “ sumbatan “ hidung ini akibat flu ringan atau infeksi sinus, Anda mungkin juga mengeluarkan lendir hijau kekuningan dari hidung.

Hidung tersumbat atau berair juga di sebabkan oleh alergi substansi seperti serbuk sari, tungau debu, bulu binatang ( atau serpihan kulit ), jamur. Gejalanya dapat terjadi setiap saat atau musiman, seperti hay fever.

Jika Anda mengalami masalah seperti disebutkan diatas, coba perawatan berikut untuk mengurangi hidung tersumbat atau berair.
  1. Minum sedikitnya 8 gelas sehari, cairan bening seperti juice, juice buah, teh herbal, dan sup jernih. Minuman panas dapat mengeluarkan mukus ( dahak ) jika hidung tersumbat. Gunakan tetes hidung saline ( dapat dibeli di apotek atau Anda dapat membuatnya sendiri dengan melarutkan setengah sendok garam ke dalam 250 ml air hangat. Gunakan pipet 2-4 kali sehari ).
  2. Minyak aromatik dapat membantu mengatasi hidung tersumbat ( seperti menthol, eucalyptus, atau camphor adalah obat tradisional untuk hidung tersumbat. Coba hisap permen obat yang mengandung menthol, atau teteskan di tisu dan hirup baunya. Gunakan salep gosok menthol di dada pada malam hari jika Anda sulit tidur ).
  3. Coba menghirup uap, atau kucurkan air panas di bak mandi atau pancuran dan hirup uapnya ( lihat teknik praktis menghirup uap )
  4. Jika hidung tersumbat akibat flu ringan, coba semprotan hidung dekongestan ( tersedia dalam bentuk semprotan hidung atau tetes, yang mengurangi bengkak dan sumbatan di jaringan pelapis hidung. Mereka juga mengurangi produksi mukosa. Sebaiknya tidak digunakan lebih dari 7 hari, kalau tidak Anda akan merasa lebih tersumbat saat berhenti menggunakannya. )
  5. Jika hidung Anda luka akibatnya, oleskan petroleum jelly di sekitar lobang hidung.
  6. Untuk hidung tersumbat atau berair yang disebabkan oleh alergi, gunakan semprotan hidung steroid/ atau antihistamin oral.
  7. Hindari ro*kok dan debu; ini dapat mengiritasi lapisan dalam hidung dan memperburuknya.

Kunjungi dokter segera jika, gejalanya tak segera membaik setelah melakukan langkah yang disarankan, atau Anda punya gejala baru, atau Anda menggunakan obat terus-menerus untuk menyembuhkan hidung tersumbat.