Cara Mengobati Sinusitis

Beranda Sehat. Com –Sinusitis adalah radang membran pelapis sinus ( rongga berisi udara yang berada di belakang hidung, pipi, dan dahi ) Ini menyebabkan nyeri dan kelembekan sekitar mata dan pipi Anda; hidung tersumbat dan/ atau berair; dan kadang gatal di bagian atas gigi dan rahang. Anda juga merasa tak enak di mulut dan demam. Sinusitisbiasanya terjadi sebagai komplikasi infeksi flu. Orang yang sering berenang atau menyelam mungkin lebih rentan.

Anda perlu menghubungi dokter jika Anda menduga sedang terkena sinusitis, untuk mengkomfirmasi diagnosis dan mendapatkan saran lebih lanjut.

Beberapa hal berikut ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman sinusitis dan juga untuk mempercepat kesembuhan.

  1. Taruh handuk lembab, hangat di sekitar hidung untuk mengurangi nyeri; atau hirup uap hingga 3-4 kali sehari untuk mengurangi sumbatan ( lihat teknik praktis menghirup uap ).
  2. Jika Anda mengalami demam, gunakan penurun demam atau pengurang nyeri ( biasanya menggunakan parasetamol atau ibuprofen, bagi Anda yang mempunyai penyakit lain, konsultasi dulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat tersebut ).
  3. Minum setidaknya 8 gelas cairan hangat setiap harinya.
  4. Dekongestan dapat melegakan hidung Anda, alternatifnya, coba gunakan tetes hidung saline untuk mengeluarkan mukus ( ingus ).
  5. Bersihkan hidung dengan perlahan.
  6. Tidur dengan kepala dinaikkan/ditinggikan. Tidur miring dapat memudahkan bernafas.
  7. Hindari menghabiskan waktu di udara dingin, berpolusi atau berasap ro*ok.
Teknik Praktis menghirup Uap

Menghirup uap ini dapat mengeluarkan mukus/lendir di hidung, tenggorokan, dan sinus. Untuk anak-anak harus dalam pengawasan orang tua.

  • Isi baskom dengan sepertiga air panas, tapi tidak mendidih. Anda dapat menambahkan minyak eucalyptus, minyak cemara, atau menthol untuk memberi aroma dan mengharumkan.
  • Condongkan badan, tutupi kepala dan baskom dengan handuk perlahan hirup uapnya. Jika hidung Anda tersumbat, bernafaslah lewat mulut hingga hidung lebih lega.

Kunjungi dokter jika sinusitis Anda tidak juga sembuh atau membaik setelah beberapa hari.