7 Makanan Yang Terbukti Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Berandasehat.com – Istilah “Kolesterol jahat“ tentu tidak asing bagi setiap orang, dan jadi momok yang menakutkan, betapa tidak jika kolesterol ini kadarnya tinggi dalam darah akan menimbulkan masalah dan penyakit yang serius dan mengancam, seperti penyakit jantung koroner, arteriosklerosis dan penyakit jantung dan pembuluh darah lainnya. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak tubuh (lipid) yang juga memiliki fungsi yang baik dalam tubuh seperti penyusun struktur sel membran tubuh, melindungi tubuh dari zat-zat racun, bersama-sama dengan sinar ultraviolet membentuk vitamin D, serta membentu asam empedu diusus, dengan catatan jika kadarnya masih dalam kedaaan normal, masalahnya jika kadarnya sudah naik dan tidak terkontrol dapat menimbulkan gangguan serius seperti serangan jantung yang mematikan. Lalu bagaimana cara mengontrol dan menurunkan kolesterol dengan cara yang alamiah ? Anda dapat mengontrolnya dengan mencoba beberapa makanan alami dan menyehatkan berikut ini

Buah tomat

Seperti dijelaskan sebelumnya (baca: Ini Dia Manfaat Terdahsyat Tomat Bagi Tubuh Anda ) tomat memiliki khasiat dan manfaat untuk membantu menrunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, Anda dapat membuatnya dengan berbagai varian seperti jus atau dikomsumsi langsung, atau digunakan dalam menu masakan pavorit Anda.

Buah Delima

Nah, kalau buah yang satu ini mempunyai tugas mengurangi penumpukan plak kolesterol serta meningkatkan produksi zat oksida nitrat yang memiliki peranan penting mengurangi plak dalam pembuluh arteri.

Buah Alpukat

Buah dengan bentuk bulat dan lonjong, berwarna hijau, itulah gambaran tentang buah alpukat, merupakan satu diantara buah yang juga memiliki khasiat istimewa mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Buah Anggur

Buah yang banyak digandrungi oleh orang, dan termasuk buah yang memilki nilai ekonomis yang cukup tinggi, namun cukup sebanding dengan khasiatnya dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, disamping masih banyak manfaat lainnya.

Rempah Bawang Putih

Meskipun tergolong dalam jenis rempah dan bumbu dapur, bawang putih sudah diyakinisejak zaman dahulu memiliki beragam khasiat terhadap kesehatan, salah satunya mampu menurunkan kadar jahat dalam tubuh Anda, bisa dikomsumsi langsung atau digunakan dalam berbagai bentuk dan menu masakan.

Aneka Bentuk Olahan Kedelai

Jenis olahan yang paling familiar adalah tahu dan tempe, kedua jenis makanan tersebut memilki fungsi yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, dan kandungan protein yang tinggi dalam olahan tersebut mampu memaksimalkan kesehatan Anda.

Jenis Kacang-kacangan

Kacang tanah, kenari, almond serta edamame merupakan jenis kacang-kacangan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, oleh karena kandungan lemak omega 3 dan zat antioksidan yang terkandung didalamnya.

Nah, proteksi kesehatan Anda dari penyakit jantung dan pembuluh darah yang mematikan sekarang juga, salah satu caranya adalah mempertahankan kadar kolesterol Anda tetap normal dengan pola dan gaya hidup sehat, dan jangan lupa selalu mengkomsumsi makanan yang dianjurkan diatas.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •