Ini Dia 7 Tanda Kanker Usus Yang Sering Diabaikan. Perhatikan Ya!

Sistem pencernaan yang nyaman di dalam tubuh Anda dapat menjadi sasaran empuk bagi penyakit ini. Apalagi banyak tanda kanker usus yang sering diabaikan oleh penderitanya. Semisal terjadi masalah sembelit ataupun diare berkepanjangan. Tetapi karena sering dianggap permasalahan kurang serat dan minum air putih, maka kerapkali pemeriksaan dilakukan belakangan.

tanda kanker dan tumor usus

Jika terus berulang hingga waktu lama bisa jadi sel tumor sedang tumbuh dalam saluran usus besar hingga terjadi berbagai komplikasi. Mulai dari perdarahan, penyumbatan, dan penyakit kuning.

Ketika mulai mengalami sakit perut hebat, dan terlihat darah ketika sedang Buang Air Besar (BAB) dari bagian anus, pertanda kecurigaan semakin tinggi. Saat itulah mengapa gejala sembelit yang mengganggu selama berminggu-minggu baiknya lekas diperiksakan. Makin cepat gejalanya terdeteksi, semakin besar peluang kesembuhan bagi penderita.

Seperti contoh, tanda kanker usus yang sering diabaikan ini terjadi pada seorang pria yang menderita sembelit dan demam. Ternyata dia telah mengalami kondisi stadium 3 sehingga dokter memutuskan untuk CT Scan.

Kasus serupa dialami aktor senior Henky Solaiman yang wafat setelah berjuang melawan kanker usus atau kolorektal ini. Akan tetapi komplikasi penyakit lain seperti paru-paru, jantung, dan ginjal semakin memperburuk daya tahan tubuh almarhum Henky Solaiman.

Tujuh Tanda Kanker Usus Yang Sering Diabaikan

1. Sering Kembung, Sulit BAB

Salah satu tanda kanker usus besar yang kurang disadari biasanya keadaan perut kembung disertai sulitnya buang air besar. Perubahan bentuk perut yang membesar bisa jadi karena dipenuhi tumor sehingga mempersulit proses BAB.

2. Kebiasaan BAB Berubah

Masalah diare dan sembelit yang berlangsung lebih dari beberapa minggu bisa jadi tanda gangguan pencernaan. Kondisinya disebabkan pertumbuhan sel abnormal yang menghambat pengeluaran tinja atau feses berukuran sekecil pensil.

3. Perut Mual, Kadang Muntah

Penderita kanker ini dapat mengalami muntah akibat pertumbuhan tumor yang menyebabkan sumbatan. Penyumbatan bisa mengganggu keluarnya padatan, cairan, ataupun gas di dalam usus.

4. Nyeri Perut Dan Kejang

Ketika terjadi sumbatan usus, gejalanya bisa anda curigai ketika merasakan kram otot di perut selama beberapa hari, berlanjut dengan sakit perut hebat yang tidak tertahankan.

5. Keluar Darah Di Feses

Keluarnya darah tinja bisa jadi tanda kanker usus yang kurang disadari. Tanda yang cukup jelasnya jika melihat darah dengan kondisi merah yang gelap dalam feses, lalu diiringi dengan sakit perut yang teramat sangat, diharuskan untuk segera menghubungi ahli medis.

6. Anemia Dan Mudah Lelah

Anemia sehingga tubuh cepat kelelahan merupakan keluhan lain yang dirasakan oleh penderita kanker usus besar. Pendarahan yang tadinya keluar sedikit demi sedikit lambat-laun mengakibatkan tubuh kekurangan zat besi atau sel-sel darah merah. Akibat dari pendarahan ringan pada polip usus, bahkan efek samping sel kanker yang memanfaatkan energi dalam tubuh.

7. Berat Badan Turun Tanpa Sebab

Pertanda ini dialami penderita kanker pada umumnya, namun terutama menjadi tanda kanker usus yang sering diabaikan. Penurunan berat badan bisa disebabkan kondisi perut yang kurang nyaman untuk mengisi makanan, seperti kembung dan mual-mual serasa ingin muntah.

Nah bagaimana mendeteksi dini pertanda kanker usus besar?

Jika gejala-gejala tersebut muncul, usahakan Anda bertindak cepat dengan mewaspadai bahaya dari tanda kanker usus besar yang kurang disadari oleh kebanyakan pengidap kanker stadium awal. Bila melakukan deteksi sedini mungkin kemungkinan besar polip di lapisan usus masih dapat dibersihkan. Akan tetapi jika sudah menyebar, kemungkinan sembuh lebih sulit lagi.

Kanker kolorektal dapat dicegah melalui pemeriksaan (screening) yang berkala di Rumah Sakit. Selain itu, akan dilakukan beberapa tes penting diantaranya pemeriksaan colok dubur atau Digital Rectal Examination (DRE), ditujukan bila Anda mengalami BAB berdarah.

Selanjutnya termasuk Stool Tes, yaitu pemeriksaan darah samar pada kepadatan feses. Serta tes kolonoskopi guna mendeteksi kelainan pada saluran usus besar Anda. Segera dilakukan operasi pengangkatan polip jika ditemukan indikasi sel kanker.

Tingkat harapan hidup penderita bergantung dari seberapa cepat mengatasi tanda kanker usus besar yang kurang disadari pada mulanya. Bilamana stadium masih sangat dini saat kanker tersebut terdiagnosis, maka tindakan antisipasi penyebaran kanker bisa segera dilakukan demi menyelamatkan diri Anda dari kematian akibat kanker usus kolorektal ini.

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)