7 Tips dan Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami

7 Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami РMenurut hasil Riskesda tahun 2007-2013, Pusdatin serta Badan PPSDM menunjukkan bahwa hasil analisis sederhana secara deskriptif penderita sakit gigi (karies gigi dan faktor-faktornya) yang diupdate terakhir kali yakni pada tahun 2013 mengalami peningkatan prevalensi  terjadinya karies aktif pada penduduk indonesia jika dibandingkan pada tahun 2007 lalu, dari 43,4%(2007) menjadi 53,2% (2013). Tentu data ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan jika kita lihat dari besaran kesehatan masyarakat. Artikel ini akan membahas cara mengatasi sakit gigi secara alami dan mengenal penyebab sakit gigi secara umum.

Cara Mengatasi Sakit Gigi

Sakit Gigi dan Penyebabnya

Secara anatomis didalam gigi terdapat pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan serta saraf-saraf yang sangat sensitif, sakit gigi biasanya terjadi ketika jaringan pulpa mengalami peradangan.

Peradangan yang terjadi pada gigi dan jaringannya bisa bermacam-macam penyebabnya, untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa hal yang seriing menyebabkan gigi menjadi sakit.

Adanya Kerusakan Gigi

Kondisi ini merupakan penyebab yang paling sering timbulnya masalah pada gigi (sakit gigi). Perlu diketahui bahwa terdapat rongga kecil yang terdapat pada lapisan luar gigi (enamel) dan ini tidak akan menimbulkan rasa sakit. Namun, jika rongga tersebut berubah menjadi lubang yang cukup dalam sehingga menembus lapisan email gigi hingga lapisan dalam gigi (dentin), jika sudah begini maka gigi akan sangat sensitif dan mudah terasa sakit. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik lambat laun akan terjadi pembusukan, dan lubang pada gigi akan bertambah dalam sampai kelapisan terdalam gigi (pulpa) sehingga menyebabkan rasa sakit yang menetap, nyeri tajam. Bahayanya jika infeksi terjadi pada gigi yang berlubang dalam tersebut berpotensi menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses di bawah akar gigi.

Adanya Trauma Pada Gigi

Trauma gigi umumnya terjadi akibat benturan seperti kecelakaan lalu lintas (KLL), dan kondisi ini sering membuat gigi patah atau goyang sehingga terjadi sakit gigi. Parahnya lagi jika garis patahnya melalui pulpa (saraf) gigi, sehingga rasa sakitnya pun akan semakin tajam dan menusuk. baca juga : Tips Sederhana Mengobati Luka di Mulut atau Lidah

Adanya Penyakit Pada Gusi

Kondisi yang paling sering terjadi pada gusi yaitu terjadinya pembengkakan atau peradangan, sehingga gusi tampak merah, berdarah sehingga menimbulkan rasa sakit apalagi jika keadaan berlanjut menjadi infeksi.

Tumbuhnya Gigi Bungsu

Ketika gigi bungsu tumbuh keluar biasanya akan menyebabkan gigi menjadi sakit, mengapa demikian? Adanya kegagalan gigi bungsu tumbuh pada lokasi yang sempurna karena tidak ada ruang yang cukup untuk gigi bungsu keluar  sehingga menimbulkan tekanan pada gigi yang paling dekat, tentus aja kondisi ini bisa menyebabkan rasa nyeri pada gigi, gigi bungsu yang tumbuhnya hanya sebagian seringkali menjadi tempat tersangkutnya makanan, sehingga seringkali menjadi tempat bakteri berkembang biakd an menyebabkan peradangan pada gigi.

Gigi Tumbuh Miring

Tahukah Anda bahwa ternyata gigi yang tumbuh miring ternyata bisa menjad salah satu penyebab sakit gigi, mengapa ya? jawabannya sangat sederhana, saat kita mengunyah makanan, kondisi gigi yang miring akan mengalami tekanan yang tidak merata, sehingga sangat memungkinkan bagian tertentu gigi yang miring mengalami tekanan yang terlalu kuat sehingga menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

Perawatan Ortodontik

Anda pernah memasang kawat gigi? Istilah ortodontik merupakan jenis treatmen pada gigi agar gigi menjadi selaras dan tampak rapi biasanya dnegan memasang kawat gigi, biasanya saat selesai memasang kawat gigi akan menyebabkan rasa sakit pada gigi untuk periode tertentu, biasanya dalam waktu singkat. Jika Anda pernah memasang kawat gigi, pastinya Anda mengalami rasa nyeri pada gigi pasca pemasangan kawat gigi,d an biasanya akan kembali normal dalam beberapa hari. artikel lainnya: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami VS Teknik Dental Bleaching, Baca Yuk

Selain beberapa penyebab sakit gigi di atas, sebenarnya masih banyak penyebab lainnya seperti adanya masalah-masalah yang timbul baik yang berhubungan langsung atau tidak dengan gigi, contohnya penyakit sinusitis, neuralgia trigeminal, bruxism, dan erosi gigi. Baca juga: Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

7 Tips Mengatasi Sakit Gigi Secara Praktis dan Alami

Lalu bagaimana mengatasi, dan mencegah sakit gigi? Hal ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara alami mengatasi sakit gigi dan 7 tips-tips sederhana berikut ini:

1.Rajin Membersihkan Gigi

Seperti Anda tahu bahwa bakteri merupakan penyebab utama sakit gigi dimana bakteri menyebabkan kerusakan pada gigi, gusi dan jaringannya, jika gigi jarang dibersihkan terutama setelah makan, jika ini berlangsung lama akan menyebabkan gigi Anda rusak dan berlubang sehingga mudah terkena sakit gigi. Dengan rutin merawata dan membersihkan gigi akan mencegah Anda dari berbagai masalah gigi dan sakit gigi. Selalu menerapkan kebiasaan sehat akan selalu melindungi Anda dari berbagai penyakit seperti sakit gigi.

2.Jeruk Nipis

Bagaimana cara jeruk nipis mengobatis akit gigi? Oo, ternyata kandungan Vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis inilah yang berperan aktif meredakan sakit gigi Anda. Cara melakukannya sangat mudah, hanya dengan meneteskan air perasan jeruk nipis secukupnya pada bagian gigi yang sakit atau berlubang setiap 10 menit, sampai sakit gigi Anda reda. Sederhana bukan?

Jeruk NIpis3.Gunakan Garam Sebagai Obat Sakit Gigi

Kandungan yodium pada garam ternyata bisa meredakan rasa sakit dan ngilu pada gigi Anda, larutkan gram secukupnya di dalam gelas dengan menggunakan air mineral, kemudian aduk hingga garamnya larut dalam air, kemudian larutan tersebut digunakan untuk berkumur-kumur (mouthwash), lakukan hingga Anda merasakan ngilu pada gigi berkurang atau hilang. Tapi jangan dikunyah ya garamnya, karea tidak efektif dan tidak menyebar secara merata hingga ke sela-sela gigi.

Garam Obat sakit gigi

4.Cengkeh

Cengkeh cukup dikenal sebagai salah satu obat alami untuk sakit gigi, dan telah digunakan sejak puluhan tahun lalu. Kandungan anti inflamasi, anti oksidan, serta sifat anestetik yang terdapat pada tanaman rempah ini ternyata cukup efektif meredakan sakit gigi, caranya dengan menggunakan minyak cengkeh yang di semprotkan ke kapas, selanjutnya ditempelkan pada gigi yang sakit atau berlubang, bisa juga digunakan sebagai mouthwas dengan mencampur minyak cengkeh dengan air.

Cengkeh dan sakit Gigi

5.Gunakan Belimbing Wuluh

Bagi Anda penggemar makanan yang asam, tentu belimbing wuluh tidak asing bagi Anda bukan? kabar baiknya ternyata belimbing wuluh sangat baik untuk meredakan sakit gigi lho, caranya cukup dikunyah dengan menggunakan sedikit garam, bagian gigi yang sakit yang dipergunakan untuk mengunyah.

Belimbing Wuluh ampu obat sakit gigi

6.Dengan Biji Asam Jawa

Biji asam jawa bisa sebagai alternatif untuk mengobati sakit gigi dengan cara di sangrai bijinya, kemudian dihaluskan hingga benar-benar halus,s elanjutnya oleskan pada bagian gigi yang berlubang dan terasa sakit.

7.Gunakan Bawang Putih

Bawang putih sangat terkenal dengan sifatnya sebagai antibiotik alami, dan juga efektif untuk meredakan sakit gigi yang menganggu, caranya mudah ambil 1 siung bwang putih yang telah di cuci bersih, kemudian haluskan, tambahkan sedikit garam dan langsung oleskan pada gigi yang sakit, cara ini dapat diulangi hingga beberapa hari sampai sakit gigi Anda benar-benar reda.

Bawang Putih dan Sakit Gigi

Sakit gigi memang sangat tidak nyaman dan sangat menganggu, oleh karena itu dengan perawatan dan rajin membersihkan gigi secara teratur akan menjauhkan Anda dari masalah-masalah gigi seperti sakit gigi. Demikian 7 Tips dan Cara mengatasi sakit gigi secara alami, semoga membantu.

Beri Nilai Artikel