7 Tips Smart Cegah dan Atasi Biang Keringat

7 Tips Smart Cegah dan Atasi Biang Keringat– Biang keringat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang sangat lazim menyerang bayi dan anak. Biang keringat memiliki ciri tampak ruam dan bintil kecil di permukaan kulit, memerah, terasa gatal, dan perih saat disentuh. Biasanya biang keringat timbul dikening, punggung, dada, bahkan bisa menyerang seluruh tubuh anak.

Penyebab biang keringat

Biang keringat pada umumnya disebabkan karena udara yang panas, lembap, dan si anak terlalu banyak berkeringat.

Cara Mengatasi Biang Keringat

Ada 7 cara smart untuk mencegah dan mengatasi biang keringat pada bayi dan anak dapat dilihat berikut ini.

  1. Kenakan baju dari bahan katun pada bayi dan anak, baju dengan bahan sintetis atau wol justru akan memicu keringat berlebih sebagai penyebab biang keringat.
  2. Bagi bayi dan anak yang terbiasa tinggal di udara dingin, usahakan memberikan lingkungan yang sama saat bepergian. Misalnya dengan membuka jendela, menyalakan AC, atau kipas angin.
  3. Kenakan baju tanpa lengan dan celana pendek pada anak saat udara terasa gerah.
  4. Mandikan anak dengan air yang tidak terlalu hangat, jika terbiasa mandi air dingin saat usia anak di atas 1 tahun maka usahakan untuk mandi air dingin saja.
  5. Jika telah terjadi biang keringat, waslap bagian tubuh yang ada biang keringatnya kemudian keringkan, lalu taburkan bedak khusus biang keringat.
  6. Jika anak alergi terhadap bedak atau biang keringat tidak kunjung hilang, coba gunakan boorwater letakkan di kapas dan oleskan ke bagian yang terserang biang keringat.
  7. Hubungi dokter saat bayi dan anak telah merasa terganggu dan mulai rewel akibat biang keringatnya.

Merawat bayi dan anak memang dibutuhkan kesabaran, ketelitian, dan tidak mudah gugup dalam menangani setiap permasalahan kesehatan pada si kecil, termasuk jika buah hati mengalami biang keringat. Dengan mencoba 7 tips smart untuk mengatasi biang keringat seperti dijelaskan diatas, semoga bisa menjadi solusi buat si kecil.