Jaga Imunitas Di Masa Pandemi? 8 Jenis Olahraga Yang di Anjurkan

Banyak olahraga yang cocok untuk jaga imunitas di masa pandemi. Yang penting rajin-rajin atau tidak melakukan olahraga. Sebab ada juga yang merasa bosan atau malas-malasan selama di rumah, mengisi hari-hari dengan rebahan. Padahal olahraga itu penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

olahraga yang cocok di masa pandemi corona

1. Plank Kombinasi Push-Up

Gerakan plank dengan push-up berfungsi melatih bagian atas tubuh guna meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan. Cara melakukannya, tubuh diposisikan dalam keadaan push up. Tangan diregangkan sejajar dengan bahu.

Posisi tangan diturunkan perlahan sambil menopang bobot tubuh. Ketika berada di posisi terendah, tahan sekitar 3 detik kemudian tubuh kembali diangkat menggunakan kedua tangan. Gerakan ini bisa dipraktikkan selama 10 kali.

2. Side-Bend Lunge

Meregangkan seluruh tubuh termasuk olahraga yang cocok untuk jaga imunitas di masa pandemi. Caranya dengan menempatkan bangku ataupun kursi di depan kaki yang akan dilakukan peregangan. Lakukan gerakan lunge dengan membusungkan dada ke depan.

Tangan secara sejajar diletakkan ke bangku depan agar terjaga keseimbangan. Dada tetap dalam posisi tegak lurus hingga dirasakan peregangan ke bagian samping. Posisi seperti ini ditahan selama lima detik. Olahraga ini bisa dilakukan sebanyak 5 kali repetisi di setiap sisi.

3. Meregangkan Leher

Bisa dilakukan selama berdiri atau duduk. Caranya dengan memposisikan tangan di sisi tubuh. Dagu diturunkan dan area bahu dilemaskan. Leher digerakkan dengan lembut ke kanan dan ke kiri. Kemudian kepala diputar secara perlahan dari depan ke belakang dan sebaliknya. Bisa dilakukan secara berulang dan agar seimbang, silakan mengganti putaran.

4. Meregangkan Punggung

Caranya dengan tidur telentang di atas matras atau alas yang sudah disiapkan. Paha dibuka selebar pinggang kemudian kaki ditekuk. Bokong diangkat hingga posisi perut dengan paha lurus dan turunkan. Olahraga yang cocok untuk jaga imunitas di masa pandemi ini bisa dilakukan beberapa kali pengulangan.

5. Putaran Kaki

Olahraga ini cocok untuk masyarakat rebahan, dimana dilakukan dengan cara telentang di lantai dan tangan berada di sisi kanan dan sisi kiri tubuh. Kaki diluruskan. Kemudian salah satu kaki diangkat lurus ke atas. Buatlah gerakan kaki memutar dari depan ke belakang serta dari kiri dank e kanan. Putaran dilakukan searah dengan jarum jam kemudian lakukan juga sebaliknya dan dilakukan hal yang sama pada kaki sebelah lagi.

6. Forward Bend

Olahraga yang cocok untuk jaga imunitas di masa pandemi ini juga aman dan sehat dengan berdiri tegap dan tangan diposisikan di sisi tubuh dengan kaki dibuat dalam posisi rapat. Tubuh ditekuk semampunya dengan kepala di arahkan ke lutut kaki. Tangan menyentuh jari kaki namun jangan dipaksakan jika tidak sampai.

Kepala secara perlahan digerakkan ke depan kemudian kembali ke belakang secara perlahan. Olahraga ini dipraktikkan dengan nafas yang teratur dan silakan kembali ke posisi awal secara perlahan kemudian ulangi beberapa kali.

7. Mengangkat Beban

Ini juga bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan beban yang memiliki pegangan. Beban yang digunakan sesuai dengan kemampuan, langkah pertama meletakkannya di lantai. Melalui gerakan jongkok, secara perlahan beban diambil.

Lebih bagus jika beban diambil dengan gerakan squat kemudian berdiri. Tangan tetap lurus dengan posisi masih memegang beban. Turunkan beban kembali dan diulangi beberapa kali. Olahraga yang cocok untuk jaga imunitas di masa pandemi ini berguna untuk membuang zat yang tidak baik di dalam tubuh sehingga sistem imun tetap terjaga.

8. Olahraga Persarafan

Olahraga yang juga dikenal dengan nama neural exercise ini bisa dipraktikkan dengan 3 cara yaitu vokalisasi, postur dan pernapasan. Vokalisasi umumnya bisa diperoleh dengan membaca Al-quran atau kegiatan vocal yang lainnya. Kemudian olahraga pernapasan dilakukan dengan yoga dan olahraga postur dengan mempraktikkan senam taichi dan melakukan gerakan shalat.

Sebanyak 8 olahraga tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja. Berhubung saat ini masih diterapkan jaga jarak dan lock down. Olahraga yang cocok untuk jaga imunitas di masa pandemi juga sangat cocok bagi yang suka rebahan, selamat mempraktikkan.

Tinggalkan komentar

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)