Alasan Bayi Perlu Banyak Tidur

Berandasehat.com – Alasan Bayi Perlu Banyak Tidur mungkin belum semua orang mengetahuinya. Bayi selain menangis, minum ASI, mengompol, buang air besar, tentu saja tidur. Selama ini kebanyakan hanya menganggap wajar ketika bayi banyak tidur, namun tidak pernah memikirkan mengapa mereka harus menjalani siklus tidur yang lebih lama dibandingkan orang dewasa. Apalagi bayi dengan usia masih di bawah dua tahun. Setidaknya bayi memerlukan waktu tidur antara 15 jam hingga 18 jam setiap harinya hanya untuk tidur. Bandingkan saja dengan kebutuhan orang dewasa yang hanya memerlukan 6 hingga 8 jam sehari untuk tidur.

Mengapa demikian? Ternyata Alasan Bayi Perlu Banyak Tidur karena bayi memang dalam masa pertumbuhan. Menurut seorang Psikolog, Vera Itabiliana Hadiwidjojo seperti yang dikutip tempo.co mengatakan bahwasanya saat bayi tidur biasanya kelopak bayi akan bergerak-gerak. Nah, hal ini sebagai tanda bahwa bayi dalam keadalam tidur yang aktif. Dimana otak bayi tetap bekerja memberikan stimulasi pada dirinya sendiri.  Pada masa-masa inilah dimana bayi tengah berada pada masa keemasan dimana otak bayi akan teerus bertambah besar volumenya. Setelah ia berusia dua tahun maka otak bayi akan berhenti membesar.

Namun meskipun otak bayi telah berhenti membesar namun tidak demikian dengan saraf-saraf otaknya. Karena setelah perkembangan otak berhenti selanjutnya saraf-saraf otaknya terus berkembang atau bercabang. Semakin bercabangnya saraf otak anak dipengaruhi oleh banyaknya stimulai yang diterima anak tersebut. Jika buah hati memang memperoleh banyak waktu istirahat yang cukup maka secara otomatis stimulai akan mudah diterima. Sehingga Anda sebagai orang tua, akan lebih mudah mengajarkan berbagai macam pengetahuan baru pada mereka. Pemahaman sederhananya ketika anak-anak tidak rewel tentu akan lebih mudah mengajak mereka untuk belajar dan bermain.

Anda bisa mengajarkan banyak hal misalnya gerakan tertentu, kosakatan baru, dan sebagainya. Kosakata baru tersebut bisa diajarkan dengan membacakan dongeng, mengajaknya bernyanyi, mengajaknya berbicara, mengenalkan benda-benda baru, nama-nama binatang, bunyi atau suara binatang, warna-warna dan sebagainya. Setelah bangun tidur mereka pasti memiliki lebih banyak pengetahuan baru dan Anda pasti akan terpana melihat perkembangan mereka. Semoga informasi mengenai Alasan Bayi Perlu Banyak Tidur membuat Anda semakin paham, mengerti dan menerapkannya sehingga perkembangan otak buah hati pun bisa berjalan dengan baik.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •