Alasan Mengapa Muncul Kotoran pada Mata

BerandaSehat.comAlasan Mengapa Muncul Kotoran pada Mata atau sering disebut dengan belek disebabkan karena mata yang terpapar kuman. Ketika sering berada di luar ruangan atau terpapar dengan udara luar, debu, asap maupun polusi udara biasanya mata akan lebih sering atau banyak mengeluarkan kotoran. Pada dasarnya ketika mata mengeluarkan kotoran merupakan hal yang wajar dan normal. Pasalnya mata telah melakukan deteksi dini, dimana organ penglihatan tersebut tengah melakukan pembersihan segala kotoran, bakteri maupun kuman yang ada pada mata. Biasanya hal tersebut terjadi pada malam hari sehingga keesokan harinya kotoran mata pun akan terlihat. Proses pembersihan kuman maupun bakteri pada mata tersebut membutuhkan peranan air mata.

kotoran-pada-mata

Apakah munculnya kotoran mata tersebut merupakan tanda yang normal? Mengutip dari dr. Junaedi, Sp. M di tanyadokter.com mengatakan ketika kotoran tersebut muncul ketika bangun pagi karena proses pembersihan mata tersebut terjadi di malam hari maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang wajar. Namun ketika kotoran mata yang keluar lebih sering dari biasanya kemudian kotoran tersebut tidak diserta mata merah, kotoran juga tidak lengket sementara aktifitas banyak dilakukan di dalam maupun luar ruangan yang menggunakan AC maka hal tersebut bisa saja karena terjadi iritasi.

Ketika berada di ruangan yang menggunakan AC, mata memang memiliki kecenderungan cepat kering sehingga mudah mengalami iritasi. Solusinya bisa menggunakan tetes mata yang banyak ditemui di apotek. Namun alangkah baiknya jika melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan apoteker atau dokter mata. Sehingga jauh lebih aman.

Alasan Mengapa Muncul Kotoran pada Mata memang perlu diketahui sehingga bisa mengetahui perbedaan kondisi mata yang normal atau justru mengalami gangguan. Bagaimana jika kotoran mata lengket kemudian berwana kuning atau hijau ditambah lagi mata merah? Hal tersebut bisa jadi karena mata mengalami peradangan yang disebabkan bakteri. Jika terjadi demikian maka segera saja dibawa ke dokter mata untuk segera memperoleh penanganan terbaik. lihat juga: Pilihan Kacamata Berkualitas Dan Pelayanan Terbaik Di Optik Tunggal

Agar tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan terjadi pada indra penglihatan kita ada baiknya sebelum menyentuh bagian mata sebaiknya selalu memastikan terlebih dahulu tangan dalam keadaan bersih. Kemudian ketika banyak melakukan aktifitas di lapangan atau luar ruangan ada baiknya menggunakan kacamata sehingga mengurangi paparan debu maupun angin yang terlalu banyak. Meskipun tidak menjamin akan melindungi mata 100 persen namun ketika mengetahui Alasan Mengapa Muncul Kotoran pada Mata tentu hal ini setidaknya bisa mengurangi penyebab utamanya.

Baca juga artikel review berikut ini :

  • Informasi Hiburan, Dunia Pendidikan dan Kecantikan Terbaik di Jakarta
  • Travel Malang Surabaya Juanda By NAYFA Group
  • HIT Obat Nyamuk, Ahlinya Pembasmi Nyamuk
  • Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •