Anak Demam ! Apa Yang Harus di Lakukan ?

Beranda Sehat – Suhu normal pada manusia 36,5 – 37 derajat Celsius. Pada suhu inilah manusia menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya. Kalau terjadi sesuatu, misalnya masuk kuman ke dalam tubuh, maka reaksi pertahanan tubuh, suhunya akan naik. Pada tingkat tertentu suhu dapat berguna mematikan kuman tersebut.  Kalau kemudian suhu badannya semakin tinggi, perlu diperhatikan, sebab itu berarti infeksi berjalan terus tanpa dapat ditahan oleh tubuh. Dalam ha ini perlu ditangani oleh dokter. Biasanya dokter memberi pertolongan pada tingkat pertama, yaitu obat penurun demam, misalnya dengan paras**etamol.

Walaupun sudah ada obat penurun panas di rumah dirumah, namun jangan cepat-cepat memberikan obat tersebut. Panas yang terjadi biarkan dahulu, untuk lebih mengaktifkan sel darah putih (lekosit ) yang menumpas kuman yang masuk. Bahkan dapat memacu timbulnya zat anti virus yang masuk ke dalam tubuh.

Kenaikan suhu tubuh perlu mendapat perhatian seksama, bila anak mudah terserang kejang-kejang. Pada anak-anak demikian perlu diberi obat penurun panas. Pemberian obat penurun panas bersama dengan obat antibiotika di lakukan, kalau terjadi gejala-gejala berat yang menyertai panas, seperti halnya penderita makin lemah, banyak berkeringat, serta gangguan pernapasan.

Penderita seperti diatas perlu mendapat perawatan lebih intensif di rumah sakit. Demikian pula kalau suhu tubuh bertambah tinggi dan terjadi gangguan pada kesadaran, dicurigai ada gangguan pada otak, akibat kenaikan suhu tubuh yang terlalu tinggi. Pada anak yang pernah kejang-kejang, perlu mendapat perhatian. Siapkan selalu obat penurun panas. Namun jangan cepat-cepat memberikannya, kalau hanya terjadi sedikit kenaikan suhu tubuh. Seorang ibu biasanya bisa merasakan kapan harus memberikan obat tersebut.. kalau tidak dapat menduga, sebaiknya disediakan alat pengukur suhu tubuh (termometer ).

Pemberian parasetamol dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan sel hati. Dengan demikian akan bisa mengganggu fungsi hati. Orang tua sebaiknya selalu hati-hati dengan kenaikan suhu tubuh, sebab ini memberi peringatan akan terjadinya infeksi. Sebelum memberikan obat, sebaiknya suhu badan yang mulai naik itu diturunkan dengan kompres hangat terlebih dahulu. Hal ini akan banyak menolong.