Anak Gemuk, Sehat atau Tidak?

KegemukanGemuk dapat diartikan ukuran berat badan tubuh yang melebihi normal. Gemuk juga dapat diartikan dengan ciri-ciri fisik seperti bentuk tubuh yang berisi, bentuk tubuh cenderung bulat dan empuk jika diraba. Bayi dan anak terlihat lucu ketika gemuk, asal saja gemuknya tidak terlalu berlebihan sampai menjadi obesitas.

Ukuran normal pada bayi dan balita bisa dilihat pada kartu menuju sehat (KMS) yang biasanya di berikan pada bayi saat memeriksakan diri ke dokter, bidan atau di posyandu. Di dalam KMS terdapat  grafik pertumbuhan anak, seperti tinggi, ukuran kepala, berat bdan anak. Dikatakan gemuk apabila berat bdan anak di atas garis normal. Hal ini masih wajar asalkan tidak melampau batas garis berikutnya yang bisa diartikan sebagai kegemukan.

Gemuk Sehat atau Tidak?

Gemuk dikatakan wasih wajar dan sehat apabila bayi dan anak tetap dapat menjalankan aktivitas dan mengalami tumbuh kembang sesuai dengan usianya. Gemuk yang sehat menunjukkan kecukupan nutrisi dan gisi anak. Anak tampak segar, ceria, dan yang pasti anak akan tampak lincah.

Berbeda lagi jika kita bicara tentang gemuk tak sehat. Kegemukan berlebihan atau obesitas masuk ke dalam gemuk tak sehat. Kelebihan berat bdan bisa menjadi sumber penyakit apa biarkan terus menerus. Pada anak-anak yang mengalami gemuk yang berlebihan biasanya diikuti dengan enggan atau sulit bergerak, napas memburu, dan tak lagi tampak lincah.

Beri Nilai Artikel