Anda Mengalami Masalah Sistem Kemih ? Baca Tipsnya

Berandasehat.com – Sebagian besar masalah sistem kemih ( traktus urinarius ) dimulai ketika membesarnya kelenjar prostat, yang terletak di bawah kandung kemih. Kondisi ini biasanya bersifat non-kanker ( lebih dikenal dengan tumor hiperplasis prostatik ), tapi terkadang juga bisa disebabkan oleh kanker. Prostat mungkin akan menyempitkan saluran kemih, menyebabkan gejala seperti ingin atau sering buang air kecil ( termasuk di malam hari ), atau urine keluar sedikit, dan merasa tidak lampias ketika buang air kecil.

Sebaiknya Anda menemui dokter apabila Anda menemukan darah dalam urine, terasa panas, atau jika Anda mengomsumsi obat bebas yang membuatnya semakin parah, seperti obat dekongestan atau antidepresan.

Disamping itu Anda perlu melakukan tips berikut ini bersama pengobatan dokter untuk mengurangi  dan mengobati masalah pada sistem kemih.

  • Minum 6 sampai 8 gelas air putih per hari sehingga urine tak terlalu jenuh dan menyebabkan iritasi. Hindari minum terlalu banyak dalam waktu singkat, ingin menyebabkan selalu ingin buang air kecil.
  • Buang air kecil hanya saat kandung kemih terasa penuh. Luangkan waktu hingga kandung kemih kosong. Kadang kala duduk ditoilet bisa membantu.
  • Jika sering terbangun malam hari, minumlah sedikit dan berhenti beberapa jam sebelum tidur. Kosongkan kandung kemih sebelum tidur.
  • Kurangi minum teh, kopi, kola dan alkohol. Minuman ini akan membuat kandung kemih cepat penuh.
  • Hindari minuman berkarbonasi, buah dan juice jeruk, dan makanan pedas, karena bisa mengiritasi kandung kemih.
  • Coba saw palmetto jika ada pembesaran prostat non-kanker
  • Merubah gaya hidup serta obat dalam jangka panjang dapat memperbaiki masalah pada masalah sistem kemih.
  • Kelebihan berat badan menambah tekanan di kandung kemih, coba¬† kurangi berat badan Anda.
  • Melakukan olahraga secara teratur dapat mengurangi gejala akibat pembesaran prostat, sedangkan tak aktif memperburuknya.

NB: Saw Palmetto tersedia dalam bentuk tinktur atau suplemen yang dibuat dari buah tanaman saw palmetto. Anda dapat gunakan untuk memperbaiki aliran urine dan mengosongkan kandung kemih jika ada pembesaran prostat non kanker. Bicarakan dulu dengan dokter jika ada gejala pembesaran prostat.