Apa Itu Batuk Rejan ? Baca Disini

Batuk Rejan

Beranda Sehat.Com – Batuk rejan atau bahasa latinnya ” Pertusis ” di kenal oleh masyarakat pada umumnya sebagai batuk 100 hari. Batuk ini di sebabkan oleh kuman Bordetella pertussis yang sangat berbahaya sekali terutama bagi kalangan bayi dan anak-anak karena dapat menyebabkan kematian.

Gejala dari penyakit ini pada umumnya yaitu demam, pilek dan batuk kering. Batuk yang di maksud disini ( Baca juga : Cara membedakan Batuk Pilek dan Pneumonia Pada Anak ) bukan untuk batuk yang biasa, tetapi batuk yang terjadi terus menerus sehingga dapat menyebabkan bayi dan anak-anak menjadi susah untuk bernapas. Akibatnya, wajah menjadi memerah atau kebiruan ( cianosis ) karena kekurangan oksigen. Setelah mengalami batuk yang panjang, pada saat batuk tersebut berhenti maka akan terdengar suara yang melengking ketika bernapas. Batuk tersebut biasanya terjadi pada waktu malam hari di mana penderita mulai menghentikan aktivitasnya dan berangkat tidur. karena kondisi ini berlangsung secara terus-menerus menyebabkan anak menjadi lesu dan tidak bersemangat.

Dampak yang sering muncul sebagai akibat dari penyakit rejan ini yaitu radang otak dan dapat menyebabkan kerusakan pada otak yang sifatnya permanen dan bahkan berakibat pada keadaan yang sifatnya sangat fatal yaitu kematian. Sedangkan komplikasi lainnya yaitu radang paru-paru dan kejang.

Komplikasi ini lambat laun akan berkurang seiring dengan pertambahan umur pada anak. Sebelum hal tersebut menyerang dan terjadi pada bayi atau anak, maka Anda sebagai orang tua harus melakukan pencegahan sejak dini dengan memberinya imunisasi yang tepat ( Baca juga : Sekilas Tentang Penyakit TBC ).