Apa Itu Penyakit Campak Jerman ?

campak jerman

campak jerman

Beranda Sehat. Com – Penyakit campak Jerman yang disebabkan oleh virus Rubella tidak jauh berbeda dengan penyakit campak sebagai penyakit yang menular. Akan tetapi jumlah penderita dari penyakit ini tidak terlalu banyak seperti penyakit campak. Malahan di Indonesia sendiri penyakit Campak Jerman ini baru ditemukan beberapa tahun belakangan ini.
Penularan penyakit campak Jerman ini tidak begitu berbeda dengan campak yang biasanya, yaitu melalui udara. Begitu juga dengan gejalanya yang di mulai dengan demam ringan yang dlanjutkan dengan pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian belakang telinga, leher, dan tengkuk. Pada tubuh terlihat bercak merah dan tempat pertama kalimunculnya bercak tersebut yaitu wajah yang kemudian menyebar ke bagian lain di seluruh tubuh.
Sebenarnya, penyakit campak Jerman ini tidak terlalu berbahaya seperti penyakit campak, karena hanya dalam beberapa hari saja penyakit ini dapat sembuh.
Sama halnya dengan penyakit gondong, komplikasi dari penyakit campak Jerman ini juga dapat menyebabkan radang otak ( meningitis ) pada penderita, tetapi ini sangat jarang terjadi. Apabila penyakit ini menyerang ibu yang sedang mengandung, maka akan membahayakan janin yang dikandungnya karena dapat mengganggu pertumbuhan janin tersebut dan apabila bayi tersebut akan menyebabkan kelainan seperti kelainan jantung, buta, tuli, kemampuan berpikirnya menjadi lemah, dan ukuran kepalanya kecil atau biasa di sebut mikrosefali.

Karena alasan itulah pemberian imunisasi lebih di fokuskan kepada calon ibu, ibu yang masih ingin mengandung, dan juga anak perempuan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This