Apa Saja Dampak Buruk Obat Pelangsing?

BerandaSehat.com – Apa Saja Dampak Buruk Obat Pelangsing? sebelumnya memang harus diketahui terlebih dahulu ketika akan menggunakannya. Mengapa demikian? Hal ini diperlukan agar bisa terhindar dari berbagai macam dampak buruk yang bisa ditimbulkan. Seperti yang banyak diketahui saat ini memiliki tubuh ideal semacam menjadi hal yang wajib. Tubuh yang langsing dan tidak gemuk menjadi dambaan setiap orang baik pria maupun wanita. Sebenarnya tubuh yang ideal bisa diperoleh hanya dengan mengatur pola makan dan gaya hidup sehat yang disertai olahraga teratur. Sayangnya tidak semua orang mau melewati tahapan tersebut untuk memperolehnya. Penggunaan obat pelangsing adalah cara instan yang banyak dipilih.

Hanya saja banyaknya obat pelangsing yang bisa ditemukan dengan harga beragam tersebut tidak semua mampu memberikan hasil yang efektif. Bahkan ada yang bisa menimbulkan efek samping dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu Apa Saja Dampak Buruk Obat Pelangsing? menurut praktisi dan pemerhati kesehatan, Dr. Sumarjati Arjoso, SKM seperti yang dikutip Majalah Kartini, ada beberapa hal diantaranya :

– Mampu mengurangi bahkan menghilangkan keinginan untuk mengonsumsi makanan. Hal ini yang mungkin dianggap sebagian besar orang bahwa penggunaan obat pelangsing tersebut benar-benar manjur. Padahal turunnya atau hilangnya keinginan makan tersebut justru bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Alhasil bisa menganggu kinerja hormon, otak maupun menganggu proses perbaikan sel-sel tubuh.

– Bisa menyebabkan terlalu sering buang air kecil maupun besar. Hal ini memang bisa membuat seseorang bisa kehilangan berat badan, namun terlalu sering buang air kecil dan besar justru bisa menyebabkan masalah pada ginjal dan bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

– Bisa menyebabkan sakit perut, mual dan muntah. Biasanya terjadi pada obat pelangsing apapun jenisnya yang tidak mencantumkan kandungan apa saja yang ada di dalamnya.

Efek buruk yang bisa ditimbulkan dari penggunaan obat pelangsing bisa membuat kesehatan tubuh pun terganggu. Dimana ada yang bisa membuat seseorang mengalami serangan jantung, denyut jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi, insomnia, bahkan kejang. Penggunaan jangka panjang disebutkan bisa membuat penglihatan menjadi kabur, mulut kering, mual bahkan muntah. Tidak sedikit yang bisa menyebabkan kematian akibat serangan jantung.

Memiliki tubuh ideal memang sanga bagus bagi kesehatan. Namun sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat mulai dari menjaga gaya hidup sehat, olahraga teratur, memperbanyak konsumsi serat dari buah dan sayur serta memperbanyak konsumsi air putih. Apalagi setelah mengetahui Apa Saja Dampak Buruk Obat Pelangsing? seharusnya semakin membuat lebih waspada sebelum mengosumsi obat pelangsing baik kimia maupun herbal.