Apa Saja Gejala Fisik Kolesterol Tinggi ?

Berandasehat.com – Apa Saja Gejala Fisik Kolesterol Tinggi? Bisa jadi pernah menjadi pertanyaan Anda selama ini. Ada begitu banyak informasi yang menyebutkan tentang bahaya kolesterol tinggi namun tidak diimbangi dengan informasi mengenai tanda-tanda fisik ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi normal. Padahal mengetahui gejala tersebut berarti telah melakukan salah satu upaya untuk mencegah terkena dampak buruk dari kolesterol tinggi misalnya penyakit pembuluh darah maupun jantung. Jika ingin mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh tentu perlu melakukan pemeriksaan. Misalnya dengan melakukan tes darah yang akan memberikan informasi mengenai jumlah kolesterol secara total. Namun lebih baik lagi jika melakukan pemeriksaan yang lebih terperinci. Sehingga bisa diketahui berapa kadar kolesterol baik atau HDL dan berapa kadar kolesterol jahat atau LDL serta jumlah trigliserida.
Ada baiknya pemeriksaan kolesterol dilakukan secara rutin. Apalagi jika ada anggota keluarga memiliki riwayat kolesterol tinggi. Belum lagi jika gaya hidup jarang berolahraga, suka makanan siap saji dan instan tentu harus semakin rutin melakukan pemeriksaan. Sehingga bisa segera melakukan berbagai upaya untuk menurunkannya.

Namun sebenarnya ketika seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi biasanya mengalami beberapa tanda atau gejala secara fisik. Berikut ini gejala fisik kolesterol tinggi mengutip dari health.kompas.com dari dr. Aulia Sani seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yaitu :

1. Sering Merasa Pusing khususnya di Bagian Belakang Kepala. Jika tiba-tiba Anda sering merasa pusing di bagian belakang bisa jadi karena telah terjadi penyumbatan pada pembuluh darah di sekitar kepala. Kolesterol yang mulai membentuk plak di pembuluh darah membuat terjadinya penyumbatan tersebut. Pembuluh darah bisa pecah jika dibiarkan bahkan bisa menyebabkan penyakit stroke.

2. Terasa Pegal di bagian tengkuk dan pundak. Ketika bagian tengkuk dan pundak terasa pegal juga bisa merupakan tanda bahwa aliran darah pada pembuluh darah tidak lancar. Adanya penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol inilah yang membuat pembuluh darah tidak lancar.

3. Bagian Tangan dan Kaki terasa pegal padahal tidak melakukan aktivitas berat. Bisa jadi telah terjadi penumpukan kolesterol pada pembuluh darah tangan dan kaki sehingga pembuluh darah tersumbat. Penumpukan kolesterol yang terjadi terus menerus inilah yang membuat tangan dan kaki Anda terasa pegal padahal tidak banyak melakukan aktifitas yang berat.

4. Tangan dan Kaki sering mengalami kesemutan. Kesemutan biasanya terjadi karena salah satu bagian tubuh tertekuk atau berada dalam posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama. Namun bisa juga terjadi karena terjadi aliran darah yang tidak lancar dalam beberapa bagian tubuh. Saraf yang tidak memperoleh aliran darah inilah yang kemudian mengalami kesemutan.

5. Bagian Dada sebelah kiri terasa seperti tertusuk. Dada sebelah kiri berarti berhubungan dengan jantung yang merupakan organ pemompa darah. Jika terasa nyeri bisa jadi telah terjadi penyumbatan di pembuluh darah yang berada di sekitar jantung. Rasa nyeri tersebut adakalanya bisa dirasakan hingga daerah sekitar leher. Nyeri pada dada juga bisa menjadi indikasi gejala dari serangan jantung.

Ada baiknya mengenali gejala fisik kolesterol tinggi yang Anda alami. Karena tidak semua orang memiliki gejala fisik yang sama. Ada beberapa orang yang mengalamai pembengkakan pada bagian kaki saat kolesterol tinggi. Bisa jadi orang yang berbeda memiliki tanda yang berbeda pula. Jika Anda sudah mengenali gejala tersebut segera lakukan pemeriksaan secara intensif ke laboratorium atau ke dokter Anda. Kemudian lakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol dan jika perlu mengonsumsi suplemen yang mampu menurunkan kolsterol tinggi. Dengan mengenali gejala tersebut maka semoga saja bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, stroke dan penyakit akibat tingginya kolesterol yang bisa terjadi.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •