Apa Saja Penyebab Penyakit Jantung?

Berandasehat.com – Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup dikhawatirkan oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini dikarenakan, penyakit ini seringkali tidak terdeteksi atau tidak disadari sejak awal. Belum lagi, banyaknya kasus kematian mendadak akibat serangan jantung saat berolahraga atau setelah beraktifitas berat. Jantung sendiri merupakan salah satu organ penting pada tubuh. Jantung yang sehat akan membuat sirkulasi darah dalam tubuh dalam berjalan secara optimal. Kinerja jantung yang baik juga berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh lainnya.

Itulah sebabnya, tidak ada salahnya mengenal penyebab utama serangan jantung, diantaranya :

1. Riwayat tekanan darah tinggi. Salah satu penyebab serangan jantung karena adanya tekanan darah tinggi. Jika memang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, ada baiknya jika melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kesehatan jantung Anda. Setidaknya dalam setahun dilakukan minimal tiga kali atau lebih.

2. Riwayat kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi dapat memicu terbentuknya plak di pembuluh darah. Hal ini bisa menganggu pasokan darah normal pada tubuh akibatnya bisa menyebabkan penyakit gagal jantung. Kebanyakan kasus serangan jantung diakibatkan tingginya kolesterol. Baca juga Penyebab Utama Kadar Kolesterol Tinggi.

3. Riwayat keturunan dan mengidap penyakit berat. Jika memang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit jantung maka anggota keluarga lainnya juga berpeluang memiliki penyakit yang sama. Begitu pula jika memiliki penyakit diabetes, kolesetrol, darah tinggi, obesitas dan lainnya akan semakin berpeluang terkena penyakit jantung.

4. Gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat seperti jam istirahat atau tidur yang tidak teratur, sering mengonsumsi alkohol, perokok berat, mengonsumsi makanan sembarangan, jarang berolahraga dan sebagainya juga meningkatkan peluang terkena serangan jantung.

5. Jenis kelamin dan usia. Dua hal ini disebut-sebut juga berpengaruh terhadap serangan jantung yang dialami seseorang. Usia di atas lebih dari 65 tahun dinilai lebih mendekati peluang terkena penyakit jantung. Sebagian besar kasus serangan jantung terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Dengan mengetahui beberapa penyebab serangan jantung setidaknya akan teliti untuk memperhatikan kesehatan jantung kita. Jika memang lebih berisiko maka akan lebih rajin melakukan pengecekan terhadap kesehatan jantung. Selain itu ada baiknya menjaga gaya hidup yang dilakukan. Termasuk mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung, diantaranya :

1. Oatmeal. Oatmeal mengandung banyak serat selain itu juga memiliki kandungan zat alami yang mampu menyerap kolesterol jahat pada arteri jantung. Oatmeal bisa dikonsumsi untuk sarapan, bisa dicampur dengan potongan buah agar lebih maksimal merasakan manfaatnya.

2. Yogurt. Produk olahan susu ini selain baik untuk kesehatan pencernaan juga baik untuk kesehatan jantung. Selain itu juga minim kolesterol.

3. Ikan laut. Ikan laut mengandung omega 3 yang membantu memperbaiki denyut jantung dan mampu menurunkan tekanan darah. Konsumsi ikan laut bisa dimasukkan dalam menu makanan. Setidaknya bisa dikonsumsi sekali hingga dua kali dalam satu minggu.

4. Bayam dan pisang. Bayam mengandung banyak serat. Selain itu juga mengandung banyak potasium begitu pula dengan buah pisang. Potasium dikenal mampu mengurangi risiko terkena  penyakit jantung.

5. Minyak zaitun. Ganti minyak kelapa sawit yang digunakan untuk menggoreng masakan sehari-hari dengan minyak zaitun. Minyak zaitun mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu juga mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Meskipun harganya lebih mahal namun dalam jangka panjang jauh lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Itulah sebabnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mengetahui penyebab penyakit jantung dan mengonsumsi berbagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung tentu akan lebih baik dibandingkan mengonsumsi obat-obatan kimia.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *