Bagaimana Menanganai Anak Yang Menderita Campak?

BerandaSehat.Com – Campak merupakan infeksi yang terjadi pada tubuh karena adanya virus campak. Campak dapat menular melalui udara, bersin, uap air, embun atau titik-titik air yang terhirup oleh paru-paru. Seringkali campak menjadi penyakit epidemi minor terutama di lingkungan perumahan, kelompok bermain, dan taman kanak-kanak.

Seringkali penyakit campak disalahartikan sebagai penyakit cacar air karena anak yang terjangkit campak biasanya juga akan mengalami sariawan dan nyeri di dalam mulut, bintil-bintil pada telapak tangan, telapak kaki, dan pantat.

Ciri Khas Penyakit Campak

Nah berikut ini adalah ciri-ciri khas dari penyakit campak pada bayi dan juga balita.

  • Munculnya demam yang tinggi
  • Timbul ruam apda kulit
  • Disertai batuk dan pilek
  • Emosi yang labil seperti mudah marah dan ngambek
  • Mata perih.

Penanganan Anak Yang Menderita Campak

Anak-anak yang menderita campak sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, asalkan kekebalan tubuh mereka bagus. Untuk memiliki kekebalan tubuh yang bagus maka anak-anak membutuhkan nutrisi dan gizi seimbang. Selain itu, pemberian vitamin tambahan seperti vitamin C sangat dianjurkan bagi anak penderita campak.

Meskipun demikian, anak-anak penderita campak tetap harus dikonsultasikan dnegan dokter atau ahli medis apabila disertai dengan gejala-gejala lain yang membuat bayi atau balita tidak nyaman serta menderita kesakitan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *