Apa Bahaya Obat-Obatan Pada Ibu Hamil ? Sebaiknya Anda tahu

Kenali efek samping obat kimiaINFO OBAT – Kehamilan merupakan masa-masa krusial yang harus di lalui oleh setiap setiap calon ibu dimana faktor asupan nutrisi dan obat-obatan berpengaruh terhadap  perkembangan janin yang dikandungnya dan juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan ibu secara umum.

Pemberian obat-obatan pada ibu hamil baik sepanjang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ibu saat itu dan sesuai hasil dari analisa dan pemeriksaan oleh dokter. Ironisnya, saat ini obat-obatan sangat mudah didapatkan meskipun tidak melalui resep dokter, inilah yang menjadi ke khawatirkan jika ibu hamil mengkomsumsi obat-obatan tanpa sepengetahuan dokter terlebih dahulu.

Untuk itu kita harus lebih bijaksana dalam menggunakan obat-obatan agar tidak memberikan efek yang buruk, khususnya pada ibu hamil dan janin yang dikandungan, dan sangat tepat jika sebelum menggunakan obat-obatan, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu tentang keamanannya.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang penting untuk diketahui baik pagi praktisi kesehatan dan masyarakat pada umumnya sebelum memberikan obat-obatan pada ibu hamil.

  • Sadari sepenuhnya bahwa tidak ada obat yang aman 100% pada janin
  • Obat sebaiknya di resepkan pada atau selama kehamilan hanya jika keuntungan pada ibu lebih besar daripada risiko yang diterima oleh janin dan semua obat harus dihindari jika mungkin selama trimester satu kehamilan.
  • Efek obat pada janin bisa tidak sama dengan efek farmakologi pada ibu
  • Obat-obat tertentu seperti stilboestrol mungkin mempunyai efek belakangan pada janin
  • Metabolisme obat pada kehamilan sangat lebih lambat dibandingkan saat tidak hamil
  • Obat teratogenik yang tidak diketahui seperti obat sitostatika sebaiknya diberikan pada wanita pada masa subur yang menggunakan kontrasepsi yang dapat dipercaya.
  • Efek obat tertentu lebih bertahan lama pada janin ari pada ibu seperti kloramfenikol
  • Pengalaman penggunaan obat pada kehamilan terbatas.

Demikian beberapa hal yang perlu diketahui dan disadari benar bahwa penggunaan obat dalam masa kehamilan bisa membahayakan jika tidak sesuai dengan situasi dan kondisi ibu dan juga tidak melalui resep dokter.