Bayi Anda Cengeng ? Lihat Solusinya

Berandasehat.com – Menangis merupakan cara alamiah bayi mengkomunikasikan kebutuhannya, dan sebagian besar bayi bisa menangis hingga 3 jam per hari. Penyebab umumnya adalah lapar, tidak nyaman akibat popok bsah atau kotor, kembung, sendirian, kedinginan atau kepanasan, atau bahkan terlalu lelah. Bersama waktu, orang tua akan belajar mengenal berbagai tipe tangisan dari si kecil dan bisa merespon dengan cepat dan tepat, sehingga bayi cenederung kurang menangis. Bagaimanapun, jika bayi menangis terus akan membuat pola tidurnya terganggu kurang dari 16 – 18 jam dari waktu tidur normalnya. Bayi Anda akan sulit menyusui, ditenangkan sehingga membuat Anda semakin lelah. Sebagian besar bayi tidak terlalu cengeng setelah usia 6 bulan.

Nah, jika kondisi ini sedang Anda alami, coba lakukan langkah berikut untuk menghadapi tangisan bayi. Setiap bayi berbeda, jadi carilah metode yang cocok dan sesuai baginya.

  • Ini lebih dari 2 jam sejak terakhir disusui, sebagian besar bayi baru lahir perlu diberi susu setiap 2 – 4 jam, siang dan malah hari. Keluarkan angina bayi dengan menaruhnya tengkurap di pangkuan atau di tekan lembuat ke bahu Anda.
  • Ganti popok bayi jika basah atau kotor. Bayi bisa lebih tenang jika Anda biarkan dia bebas menendang tanpa popok beberapa saat di kamar yang hangat.
  • Cek leher bayi untuk memastikan dia tidak kedinginan atau kepanasan. Ini seharusnya hangat dan tak berkeringat, meskipun tangan dan kakinya bisa lebih dingin dari badannya. Perhatiakn pakaian bayi dan sesuaikan dengan kondisinya.
  • Jika bayi lelah tapi tak mau tidur, coba lakukan rutinitas yang menenangkan ( lihat Tips dan Teknik Praktis ).
  • Taruh bayi yang bosan dan sendirian di kursi bayi sehingga dia bisamelihat Anda.
  • Jika Anda tak tahan, bawa bayi berjalan-jalan atau taruh di boks, dan istirahatlah sejenak. Minta keluarga atau teman menjaganya beberapa jam dan gunakan waktu untuk beristirahat, atau melakukan hal yang Anda sukai.

Teknik Praktis Menenangkan Bayi

Jika bayi senang di gendongan Anda dan menangis jika di taruh di boks. Anda perlu melakukan teknik menenangkannya seperti berikut ini.

  • Coba gendong bayi dan bernyanyilah untuk membuatnya rileks. Kemudian perlahan taruh di boks, tetap taruh lembut tangan di dada bayi dan bernyanyilah.
  • Tetap bersama bayi hingga 10 menit atau lebih hingga ia berbaring senang di boks, kemudian menjauhlah. Jika ia menangis lagi, angkat dan tenangkan bayi lalu coba kembali.

Atur jadwal ke dokter jika bayi Anda mengalami gejala baru atau Anda merasa sulit menghadapinya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *