Beberapa Istilah dalam Sistem Peredaran Darah

Beberapa Istilah dalam Sistem Peredaran Darah

Sistem Sirkulasi Darah merupakan suatu rangkaian tertutup yang tersusun atas jantung dan pembuluh darah. Jantung merupakan suatu pompa yang mengalirkan darah beroksigen ke seluruh bagian tubuh melalui arteri dan pembuluh kapiler, sedangkan darah yang memiliki kandungan oksigen rendah diangkat ke jantung oleh vena.

Mengingat pentingnya mengenal sistem peredaran darah dalam tubuh, Anda perlu mengenal beberapa istilah dalam sistem peredaran darah ( blood sirculation system ) sebagai berikut :
  1. Nadi — Pada saat bilik kiri jantung berkontraksi, satu impuls mengalir ke aorta dan dari aorta impuls dihantarkan ke seluruh arteri. Aliran impuls ini dapat dirasakan di tempat suatu arteri terdapat di sebelah tulang. Hal ini disebut Nadi.
  2. Sistol — Sistol adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan kontraksi atau denyut jantung.
  3. Diastol — Diastol adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan keadaan jantung relaksasi.
  4. Tekanan Darah — Tekanan darah adalah daya yang diperlukan untuk mendorong darah melalui semua pembuluhnya. Pada saat darah mengalir, pembuluh darah berkontraksi. Kontraksi ini dapat di ukur dengan alat pengukur tekanan darah ( Spygnomanometer ). Tekanan darah di dinding arteri cukup besar sehingga dapat di ukur, tetapi tekanan darah di dinding vena dan kapiler terlalu kecil sehingga tidak dapat diukur.
  5. Tekanan Sistol — Tekanan Sistol adalah tekanan darah pada saat jantung berkontraksi.
  6. Tekanan Diastol — Tekanan Diastol adalah tekanan darah pada saat jantung relaksasi.
  7. Gangguan Jantung atau kehilangan denyut jantung — Berbagai keadaan dapat mengganggu aliran impuls saraf dalam jantung. Jika hal ini terjadi, keadaan kehilangan denyut jantung akan muncul.
  8. Bunyi Jantung — Biasanya kita tidak menyadari bahwa jantung kita berdenyut. Setiap kali berdenyut, jantung berbunyi. Bunyi ini dapat didengar dengan menggunakan stetoskop atau dengan meletakkan telinga rapat ke dada. Bunyi ini dicirikan sebagai “ Lab ” dan “ dap ” lab ” adalah bunyi pertama dan ” dap ” adalah bunyi kedua. Bunyi yang pertama adalah bunyi yang disebabkan oleh penutupan katup bikuspidalis dan katup trikuspidalis, sedangkan bunyi kedua disebabkan oleh penutupan katup aorta dan arteri paru-paru utama. Jika katup rusak, bunyi yang dihasilkan akan berubah.

Dengan mengenal dan memahami istilah-istilah diatas  dapat membantu Anda mengenal bagaimana cara sistem peredaran darah bekerja di dalam tubuh kita, baca juga : Berapa denyut nadi Anda? Hitung Yuk

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *