Berapa Lama Pemakaian Behel Gigi? Ini Variasi Waktu Serta Faktor yang Membedakannya

Ketika seseorang akan memutuskan untuk menggunakan behel gigi maka terdapat satu pertanyaan yang sering diajukan. Pertanyaan tersebut adalah “berapa lama pemakaian behel gigi?” Seorang dokter gigi yang ahli pun tidak mampu memberikan jawaban pasti. Tetapi, Ia bisa memberikan perkiraan mengenai lamanya pemakaian behel gigi. Perkiraan ini umumnya didasarkan pada beberapa aspek. Dengan mendasarkan pada aspek tersebut maka akan diperoleh variasi waktu pemakaian behel gigi.

behel gigi

Variasi waktu ideal pemakaian behel gigi

Penggunaan behel gigi pada setiap orang memang berbeda-beda. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat mengetahui durasi waktu pemakaian behel gigi ini. Sebagai bahan perkiraan, berdasarkan survey beberapa orang berpendapat bahwa mereka menghabiskan 23 bulan untuk perawatan behel gigi.

Akan tetapi, ada juga sebagian orang yang hanya menggunakan behel gigi selama 6 bulan. Bahkan tidak sedikit juga yang menyatakan bahwa pemakaian behel gigi hanya butuh 3 bulan. Berbagai data hasil survey ini menunjukkan bahwa waktu pemakaian behel gigi pada setiap orang tidak dapat disama ratakan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa aspek yang mempengaruhinya.

Berapa Lama Pemakaian Behel Gigi? Ketahui Faktor yang Membedakannya

  1. Jenis behel

Terdapat berbagai jenis behel gigi yang dibedakan berdasarkan bahannya. Sebagian besar dari jenis behel gigi ini sudah menggunakan bahan dasar besi dan keramik. Apabila Anda menginginkan kawat gigi yang kuat, maka dapat menggunakan behel berbahan besi. Sebaliknya, apabila Anda lebih mementingkan aspek estetis, penggunaan behel gigi keramik bisa menjadi pilihan.

  1. Usia

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap lamanya pemakaian behel gigi adalah usia. Idealnya, jika Anda menginginkan bentuk gigi yang rapi, penggunaan behel harus dimulai semenjak usai tujuh tahun. Ini dikarenakan pada usia ini rahang Anda masih dalam proses pertumbuhan. Jadi, perbaikan terhadap gigi Anda dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Sementara itu, bila Anda memakai behel gigi pada saat memasuki usia dewasa maka penggunaannya akan lebih lama.

  1. Kondisi gigi

Aspek kondisi gigi juga ikut mempengaruhi durasi waktu penggunaan behel gigi. Semakin parah kondisi gigi Anda, maka waktu pemakaian behel juga akan makin lama. Seumpama, terdapat kelainan pada gigi Anda yaitu berupa rahang yang tidak normal, penggunaan behel tidak hanya lebih lama. Akan tetapi, juga membutuhkan tindakan operasi untuk mengatasi kelainan ini.

  1. Kerjasama pasien

Kesadaran pasien juga menentukan lama tidaknya pemakaian behel gigi. Logikanya, pasien yang sering melakukan kontrol ke klinik gigi tentu akan lebih cepat melepas behel. Sementara itu, pasien yang kerap menunda konsultasi ke dokter gigi sudah pasti akan memakai behel gigi lebih lama. Berapa lama pemakaian behel gigi juga tidak hanya ditentukan oleh rajin tidaknya Anda pergi ke dokter gigi untuk periksa.

Lebih dari itu, cara Anda merawat gigi dan mulut juga ikut ambil bagian dalam menentukan waktu pemakaian behel gigi. Ketika Anda menjaga kebersihan gigi dan mulut secara telaten, maka dokter gigi akan lebih mudah dalam melakukan perawatan. Alhasil, masa pemakaian behel gigi Anda akan jauh lebih pendek.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut memang bukanlah perkara yang mudah, terutama jika anda menggunakan behel gigi. Tetapi, Anda harus tetap melakukannya karena apabila diabaikan sisa makanan yang menempel pada behel gigi dapat memicu karang. Keberadaan karang tentu akan menghadirkan dampak negatif karena bisa merusak struktur susunan gigi. Selain itu, proses penyesuaian behel gigi seringkali membuat mulut menjadi kering dan mudah terluka.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *