Benarkah Berhenti Makan Nasi Putih Baik untuk Kesehatan?

BerandaSehat.com – Benarkah Berhenti Makan Nasi Putih Baik untuk Kesehatan? Pernahkah bertanya-tanya mengenai hal tersebut? di Indonesia, sebagian besar masyarakatnya begitu menggemari nasi. Sampai-sampai jika tidak makan nasi maka tidak bisa disebut dengan makan. Alhasil pada saat beras sulit diperoleh atau harga beras melambung tinggi, tidak sedikit yang merasa kelimpungan. Namun tidak sedikit yang merasa biasa saja karena menganggap masih banyak sumber karbohidrat lainnya. Bahkan tidak sedikit pula yang mengatakan bahwasanya berhenti makan nasi justru baik untuk kesehatan. Benarkah demikian?

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang memiliki manfaat mampu memberikan cadangan energi sehingga badan bisa digunakan untuk beraktifitass. Namun konsumsi nasi juga dikatakan memberikan banyak gangguan kesehatan. Termasuk diantaranya menjadi pemicu bertambahnya berat badan. Dan seperti yang dikutip tempo.co dari Boldsky menyebutkan beberapa hal yang menjadi jawaban Benarkah Berhenti Makan Nasi Putih Baik untuk Kesehatan? dan inilah beberapa manfaat yang diperoleh ketika berhenti makan nasi khususnya nasi putih, yaitu :

Mampu menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Jika Anda memiliki keluhan penyakit diabetes membatasi atau menghentikan konsumsi nasi putih adalah pilihan tepat. Karena ketika konsumsi nasi putih dilakukan secara berlebihan maka bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jika tetap tidak bisa menghindar dari nasi, sebaiknya ganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah.

Menghindari risiko mengalami sembelit. Sebagai sumber karbohidrat, nasi putih memiliki kecenderungan dengan sangat sedikit serat. Alhasil jika terlalu mengandalkan nasi putih untuk konsumsi harian tanpa tambahan sayur dan buah yang seimbang maka bisa terkena gangguan sembelit atau susah buang air besar.

Menjaga berat badan tetap stabil. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada nasi putih memungkinkan berat badan seseorang bisa bertambah dengan cepat. Apalagi nasi putih juga memiliki kecenderungan membuat seseorang mudah lapar. Sebanyak apapun nasi yang dikonsumsi tetap saja bisa membuat orang mudah lapar.

Bagaimana? Anda berani untuk berhenti mengonsumsi nasi putih? Jika sulit maka bisa dicoba dengan membuat jadwal berapa hari sekali tidak makan nasi tetapi diganti dengan banyak sayur, buah, protein nabati dan sebagainya. Alhasil tidak hanya kenyang saja yang diperoleh tetapi juga terpenuhinya kandungan nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh. Semoga saja melalui artikel tersebut beberapa pertanyaan mengenai Benarkah Berhenti Makan Nasi Putih Baik untuk Kesehatan?bisa terjawab dengan mudah.