Benarkah Daun Jambu Biji Bisa Mengobati Diare?

Saat mengalami diare, hal tersebut sangat menganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Sering buang air besar, perut mulas, dan terasa lemas. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan diare. Misalnya karena sakit maag, gangguan lambung, stress, atau keracunan makanan atau minuman tertentu. Untuk mengatasinya banyak cara dilakukan. Mulai dari minum oralit, membuat larutan gula garam, minum norit dan ke dokter.

Selain cara tersebut, juga sering disarankan menggunakan pengobatan tradisional. Salah satunya mengonsumsi daun jambu biji. Caranya daun jambu biji, ambil bagian yang muda dicuci kemudian langsung dikunyah dan ditelan. Ada pula yang menyarankan untuk merebus daun jambu biji kemudian meminum air rebusan tersebut.

Bisa jadi cara tersebut membuat Anda bertanya-tanya, Benarkah Daun Jambu Biji Bisa Mengobati Diare? Karena saat ini ada banyak pengobatan alternatif yang disarankan namun masih belum jelas terbukti khasiatnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi daun jambu biji atau meminum air rebusan daun jambu biji saat mengalami diare. Karena ternyata daun jambu biji memiliki khasiat sebagai anti diare. Hal ini tidak lain karena kandungan daun jambu biji yaitu zat flavonoid. Dimana di dalamnya mengandung quercetin glycoside yang mampu menghambat atau membuat buang air besar berkurang. Selain itu, kandungan tanin pada jambu biji juga mampu memperkecil pori-pori pada usus. Hal ini kemudian membuat aliran air yang masuk dalam usus besar berkurang. Sehingga feses yang cair akan menjadi lebih keras.

Hanya saja, yang perlu Anda ingat meskipun daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat alternatif saat mengalami diare bukan berarti Anda tidak perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Jika setelah mengonsumsi daun jambu biji diare tidak juga reda sebaiknya segera dibawa ke dokter agar memperoleh pemeriksaan lebih lanjut. Apalagi jika diare tersebut disertai muntah karena bisa jadi karena keracunan. Tentu membutuhkan penanganan yang lebih serius.

Namun jika hanya diare karena terlalu banyak makan pedas, asam dan diare karena pencernaan terganggu Anda bisa mencoba mengonsumsi daun jambu biji. Dan tidak perlu menanyakan Benarkah Daun Jambu Biji Bisa Mengobati Diare?Karena daun ini memang berkhasiat sebagai anti diare.