Benarkah Mengonsumsi Jengkol Bisa Menyebabkan Keracunan?

Benarkah Mengonsumsi Jengkol Bisa Menyebabkan Keracunan?Bisa jadi hal tersebut menjadi sebuah pertanyaan bagi penggemar jengkol ketika mengetahui ada orang yang keracunan setelah makan jengkol. Ada sebagian orang  menyukai jengkol ada pula yang tidak menyukainya. Ada yang pernah keracunan ada pula yang tidak pernah mengalaminya meskipun sudah mengonsumsi banyak jengkol. Keracunan yang terjadi bukan disebabkan oleh banyak sedikitnya jengkol tersebut dimakan. Bukan juga karena masih muda atau tuanya biji jengkol yang dikonsumsi. Lalu apa penyebabnya? Baca juga : Kenali Reaksi dan Efek Obat Dalam Tubuh Anda

Asam Jengkolat

Untuk diketahui, pada biji jengkol terdapat suatu senyawa yang bernama asam jengkolat. Nah,mengkristalnya asam jengkolat dalam suasana asam merupakan faktor penyebab keracunan. Hingga saat ini diprediksi sebagai penyebab keracunan adalah biji jengkol yang dikonsumsi mentah atau dimasak setengah masak. Karena asam jengkolat masih dalam keadaan aktif dan utuh.

Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mencegah keracunan jengkol ketika mengonsumsinya? Pastikan sebelum mengonsumsi jengkol, telah mengalami proses pemasakan hingga benar-benar matang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko mengalami keracunan.

Jika setelah mengonsumsi jengkol ternyata mengalami keracunan misalnya muntah atau sakit pada pinggang sebaiknya segera minum banyak air putih. Konsumsi banyak air putih bisa melarutkan asam jengkolat tersebut. Muntah dan sakit pinggang akan segera hilang saat asam jengkolat sudah menghilang. Muntah maupun sakit pinggang merupakan gejala  keracunan jengkol dalam tahap ringan sehingga tidak perlu dirawat di rumah sakit.

Namun jika setelah mengonsumsi jengkol justru tidak bisa buang air kecil bahkan pingsan, hal tersebut perlu memperoleh perawatan lebih lanjut. Sebaiknya dibawa ke dokter, Rumah Sakit atau klinik kesehatan terdekat.

Bagi penggemar jengkol tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengonsumsi jengkol seperti biasa. Tetapi ada baiknya untuk banyak minum air putih setelah mengonsumsinya. Jangan lupa untuk selalu menyiram sisa air seni setelah buang air kecil sehingga baunya tidak menganggu orang lain.

Jadi Anda tidak perlu bingung lagi dengan pertanyaan Benarkah Mengonsumsi Jengkol Bisa Menyebabkan Keracunan?Selama jengkol dimasak dengan benar, kemungkinan keracunan sangat kecil.