Benarkah Rambut Beruban Tidak Boleh Dicabut?

BerandaSehat.com – Ketika seseorang  memiliki rambut putih atau beruban biasanya akan berusaha mencabutnya namun tidak sedikit yang memberikan larangan dengan berbagai alasan tetapi Benarkah Rambut Beruban Tidak Boleh Dicabut? Tentu saja informasi tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Setidaknya ketika dikaitkan dengan kesehatan bukan mitos atau alasan lainnya. Biasanya yang banyak berkembang informasinya ketika rambut putih dicabut justru akan membuat munculnya rambut putih semakin banyak, benarkah demikian?

Mengutip dari health.detik.com dikatakan bahwasanya setiap rambut pada kulit kepala manusia memiliki akar yang memiliki struktur khusus. Akar rambut yang disebut dengan folikel rambut itu dikatakan memiliki struktur layaknya tas kecil. Kandungan melanosit pada folikel rambut dijelaskan bisa menghasilkan pigmen melanin yang memberikan warna pada rambut. Seiring berjalannya waktu terutama berkaitan dengan usia seseorang maka sel-sel pigmen pada folikel rambut pun akan berkurang. Hal ini tentu membuat rambut tidak memiliki kandungan melanin yang cukup banyak. Itulah mengapa kemudian muncul rambut yang berwarna abu-abu atau putih.

Lalu Benarkah Rambut Beruban Tidak Boleh Dicabut? Sebaiknya rambut putih tersebut meskipun hanya satu atau dua saja memang tidak perlu dicabut. Mengapa? Hal ini dikarenakan justru bisa merusak syaraf-syaraf, akar rambut atau folikel rambut. Ketika akar rambut rusak justru bisa menimbulkan adanya infeksi. Kebiasaan mencabut rambut beruban justru justru membuat rambut semakin tipis. Toh, dengan sendirinya rambut tersebut akan rontok jadi tidak perlu dicabut.

Uban sendiri sebenarnya tidak bisa dicegah. Setiap orang akan mengalaminya hanya waktunyalah yang berbeda. Hal ini berkaitan dengan faktor genetik. Jika anggota keluarga cenderung cepat mengalami rambut beruban maka jangan heran jika meskipun usia masih dianggap muda ternyata rambut sudah mulai beruban. Ada juga faktor lain yang membuat rambut cepat beruban misalnya memiliki penyakit tertentu seperti anemia, memiki gangguan pada metabolisme, terjadi menopause dini, perokok, kekurangan vitamin tertentu dan sebaagainya.

Jadi meskipun sudah mulai muncul rambut yang beruban sebaiknya tidak perlu mencabutnya karena justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan pada syaraf kulit kepala. Jika Anda merasa malu dengan munculnya rambut beruban, saat ini ada banyak cara untuk menutupinya. Misalnya menggunakan pewarna rambut. Namun sebaiknya memiliki pewarna rambut yang tepat sehingga tidak akan merusak struktur maupun akar rambut Anda. Selain itu perlu dikombinasikan dengan shampoo dan kondisioner yang tepat sehingga rambut tetap sehat.

Bisa juga ditutupi dengan penggunaan topi atau justru memutuskan untuk berhijab bagi perempuan muslim. Pada akhirnya semua keputusan ada di tangan Anda. Akan menutupi uban yang bermunculan atau justru membiarkannya. Setidaknya informasi mengenai Benarkah Rambut Beruban Tidak Boleh Dicabut? bisa membantu memberikan keputusan terbaik.