Benda Asing di Telinga ? Intip Solusinya

Sahabat Beranda Sehat.com – Sesuatu yang menyumbat telinga Anda, bisa menyebabkan iritasi dan kehilangan pendengaran sementara. Objek tajam dapat mencederai gendang telinga Anda. Anak kecil kadang memasukkan benda kecil seperti manik atau potongan kertas ke telinga mereka. Anda mungkin tidak menyadari akan hal ini hingga mereka mengeluhkan sakit di telinga, ada kotoran keluar, atau tak bisa mendengar dengan baik.

Kadang kala orang dewasa tak sengaja meninggalkan kapas dalam saluran telinga saat membersihkan kuping (tidak di rekomendasikan ). Sering kali, serangga masuk ke dalam telinga; hal yang sangat mengganggu, khususnya pada anak-anak.

Kunjungi dokter jika objek ini tak segera keluar dari telinga dengan sendirinya atau jika Anda tak dapat mengeluarkan serangga dengan cara di bawah ini.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi benda atau serangga di telinga; jika tak berhasil temui dokter Anda.

  • Coba condongkan telinga ke bawah dan guncang pelan agar benda atau serangganya keluar.
  • Jika ada serangga di telinga, coba tenang. Dongakkan telinga ke atas dan tunggu apakah serangganya merangkak keluar. Jika tidak coba buat serangga mengambang dengan air ( lihat teknik praktis  di bawah ini )
  • Jangan coba mengeluarkan sesuatu dari telinga dengan menyoloknya dengan jari, pinset, atau cotton bud, bahkan jika Anda bisa melihatnya. Anda dapat mendorong objek masuk lebih jauh di telinga, dan dapat mencederai lapisan telinga dan/ atau gendang telinga.
  • Kunjungi dokter segera jika, setelah mengeluarkan objeknya tetap ada sesuatu di telinga, pendengaran Anda terganggu, telinga Anda nyeri atau ada kotoran yang keluar.
Teknik praktis mengeluarkan serangga dari telinga.

Anda mungkin bisa mengeluarkan serangga dengan membuatnya mengambang. Jika serangga ada di telinga Anda, minta seseorang membantu Anda ( jangan gunakan air untuk mengeluarkan benda selain serangga, karena benda tertentu bisa membengkak dan sulit dikeluarkan ).

  • Siapkan air hangat dan pipet.
  • Teteskan air ke dalam telinga dengan pipet. Ini membuat serangga mengambang keluar dari telinga.
  • Tundukkan kepala ke bawah hingga sisa air keluar semua.
  • Jika serangga belum keluar, jangan berusaha mengeluarkannya. Minta bantuan medis.
  • Seorang anak mungkin takut jika ada serangga dalam telinganya, jadi tenangkan dia lebih dulu. Minta anak berbaring diam saat Anda meneteskan air ke dalam telinganya.

Semoga tips diatas bisa membantu saat mengalami masalah dalam telinga Anda , dan perlu diingat jika teknik diatas tidak berhasil jangan dipaksakan, segera hubungi dokter Anda.