Berandasehat.com
– Selama ini konsumsi air putih yang disarankan untuk dikonsumsi adalah 8 hingga 10 gelas sehari atau sekitar 1,5 – 2 liter sehari. Darimana asal perhitungan tersebut dilakukan?

Berdasarkan penelitian dikatakan pada dasarnya kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal misalnya faktor kesehatan, banyaknya aktifitas yang dilakukan, cuaca atau lingkungan dimana tinggal dan seterusnya. Baca juga Mengenali Tanda-Tanda Kurang Minum.Sebenarnya bukan menjadi kewajiban pula untuk mengetahui besar kebutuhan tubuh akan cairan. Masalahnya adalah sebagian besar aktifitas organ tubuh membutuhkan cairan. Jika kita mengetahui berapa banyak kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh maka akan lebih mudah untuk memperkirakan berapa banyak air yang perlu dikonsumsi setiap harinya.

Mengutip dari meetdoctor.com dijelaskan bahwasanya cairan tubuh manusia dikeluarkan melalui pernafasan, urin atau air kencing, saat buang air besar, dan keringat. Nah, itulah sebabnya agar kinerja tubuh tetap optimal, kita perlu mengisi persediaan cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung air.

Mengapa seringkali disarankan mengonsumsi 8 hingga 10 gelas setiap harinya? Berikut ini perhitungannya :

1. Asas Mengganti. Kebanyakan orang dewasa mengeluarkan air seni sebanyak 1,5 liter setiap harinya. Kemudian tubuh juga kelilangan cairan melalui pernafasan, keringat, dan gerakan usus setidaknya hingga 4 cangkir air putih. Konsumsi 2 liter air putih dan atau dengan minuman lainnya bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Sementara makanan yang dikonsumsi biasanya menyumbang 20 persen dari total asupan cairan.

2. 8 Ons Gelas Setiap Harinya. Cara ini adalah cara paling banyak disarankan dan dijadikan pedoman banyak orang ketika mengonsumsi air putih.

3. Rekomendasi dari Institute of Medicine. Sementara itu rekomendasi harian yang disarankan dari institusi ini untuk pria disarankan mengonsumsi air sebanyak 3 liter atau sekitar 13 gelas dan untuk wanita disarankan sebanyak 2,2 liter atau sekitar 9 gelas air setiap harinya.

Nah, manakah diantara saran tersebut yang ingin diikuti? Sebenarnya manapun alasannya semua tetap bisa diikuti. Toh, sama-sama untuk kebaikan dan kesehatan tubuh. Agar lebih mudah tentu saja selalu minum ketika merasa harus. Karena rasa haus adalah tanda sederhana tubuh kekurangan cairan. Selain itu ketika warna urine tampak normal maka asupan cairan tubuh Anda memadai dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Agar lebih merasa nyaman dan yakin bisa juga mengonsultasikan masalah tersebut dengan dokter Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?