Berjalan Tanpa Alas Kaki? Kenapa Tidak

Berandasehat.comBerjalan tanpa alas kaki mungkin untuk beberapa orang dianggap berbahaya. Pasalnya selama ini alas kaki memang digunakan untuk melindungi kaki dari hal-hal yang bisa melukai kulit. Misalnya saja pecahan kaca, pecahan gelas, paku berkarat, kawat berkarat, duri, kerikil tajam dan sebagainya. Selain itu penggunaan alas kaki juga membantu melindungi kaki dari kuman, kotoran maupun bakteri yang ada di jalanan. Anjuran untuk menggunakan alas kaki memang tidak sepenuhnya salah. Namun ada baiknya juga sesekali waktu menyempatkan diri untuk berjalan tanpa menggunakan sandal ataupun sepatu.

Orang-orang zaman dahulu juga tidak menggunakan alas kaki secara terus menerus. Itulah mengapa usia mereka bisa lebih panjang. Meskipun hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki sebenarnya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya.

Mengutip dari Health Me Up, berikut ini beberapa manfaat dari Berjalan Tanpa Alas Kaki yaitu :

РMampu membantu melancarkan peredaran darah sehingga membantu mengurangi stress yang dialami.  Stress karena terlalu banyak pikiran tentu akan menganggu aktifitas. Jika Anda mengalaminya, tidak ada salahnya meluangkan waktu di taman atau tempat yang berumput atau berbatu untuk berjalan-jalan.

– Mampu membantu menetralkan radikal bebas. Radikal bebas bisa menyebabkan fungsi hormon maupun organ tubuh terganggu. Sehingga bisa menyebabkan berbagai penyakit.

– Mampu membantu proses penyembuhan trauma, luka, dan berbagai jenis penyakit lainnya seperti flu, jantung, kanker, dan lainnya. Hal ini tidak lain karena ketika berjalan kaki tanpa menggunakan alas membuat kaki langsung menyentuh tanah atau batu sehingga telapak kaki seperti dipijat dan peredaran darah pun lebih lancar.

– Membantu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan keseimbangan tubuh dan membantu memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.

– Anda memiliki kesulitan untuk tidur? Tidak ada salahnya membiasakan diri untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki.

Nah, jika sudah mengetahui manfaat  yang bisa diperoleh dari berjalan tanpa menggunakan alas kaki maka jangan ragu lagi untuk mempraktikannya. Toh, tidak memerlukan biaya. Cukup menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar rumah, taman, kebun dan lainnya. Jika Anda khawatir bisa melukai kaki Anda, tidak ada salahnya membuat tempat khusus dari batu-batu kecil dan halus yang disusun rapi di bagian halaman rumah Anda. Sehingga lebih terjamin keamanannya. Apalagi jika Anda menderita penyakit diabetes tentu harus lebih waspada. Jadi, Berjalan Tanpa Alas Kaki? Kenapa Tidak.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *