Buah-buahan yang Tepat untuk Ibu Hamil

Berandasehat.com – Buah-buahan yang Tepat untuk Ibu Hamil diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin yang dikandung. Pasalnya ibu hamil membutuhkan gizi yang cukup. Gizi yang cukup akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Gizi yang diperlukan tersebut salah satunya bisa terpenuhi melalui konsumsi buah-buahan dan sayur yang tepat. Bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Bisa dijus tanpa campuran atau dikombinasikan dengan buah atau sayur lain. Buah seringkali lebih mudah dikonsumsi ibu hamil saat mual atau muntah sehingga membantu menggantikan makanan maupun cairan yang terbuang.

Dan Buah-buahan yang Tepat untuk Ibu Hamil diantaranya adalah :

1. Apel. Buah apel bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus. Saat ibu hamil mengalami gangguan tidur, bisa diatasi dengan mengonsumsi jus apel ditambah sedikit seledri. Atau bisa juga membuat campuran jus apel dengan daun bayam. Sebaiknya tidak ditambah gula. Kombinasi kandungan asam oksalik pada bayam dan pektin pada apel akan membantu memperlancar pencernaan ibu hamil. Kandungan pektin pada apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

2. Wortel. Adakalanya ibu hamil mengalami diabetes. Nah, untuk mengurangi kadar gula darah bisa diatasi dengan mengonsumsi jus wortel. Tentu saja tidak ditambah dengan gula atau pemanis lainnya. Jus wortel juga akan membantu mengatasi kelelahan yang dialami.

3. Alpukat. Kandungan lemak dan minyak nabati pada alpukat membantu menjaga stamina tubuh ibu hamil. Selain itu konsumsi jus alpukat akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik serta menjaga otot persendian tetap lentur.

4. Jeruk. Kandungan vitamin C pada jeruk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga membantu memperlancar lendir pada paru-paru, rongga hidung, tenggorokan dan perut. Kalau memiliki keluhan pada lambung misalnya maag, sebaiknya memilih buah jeruk yang manis. Saat mengalami serak atau gejala batuk, ibu hamil tidak bisa asal-asalan mengonsumsi obat-obatan karena bisa membahayakan janin yang dikandung. Untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi sari jeruk nipis ditambah dengan madu.

5. Tomat. Mengonsumsi jus tomat akan membantu ibu hamil merasa segar karena tomat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Rutin mengonsumsi jus tomat juga akan meningkatkan keinginan untuk makan karena kandungan garam mineral yang ada pada tomat.

Semoga mengonsumsi buah-buah tersebut bisa menjaga kesehatan ibu dan janin yang berada dalam kandungan. Apalagi Buah-buahan yang Tepat untuk Ibu Hamil tersebut juga mudah diperoleh di pasar atau supermaket harganya juga relatif terjangkau sehingga tidak akan menyulitkan. Baca juga Pentingnya Gizi Seimbang untuk Ibu Hamil.