Buah Hati Bermain di Tempat Kotor? Tak Perlu Khawatir!

Buah Hati Bermain di Tempat Kotor? Tak Perlu Khawatir! Ketika anak Anda bermain di tempat yang kotor, penuh lumpur atau becek sudah menjadi hal wajar  jika orang tua merasa khawatir. Mungkin hal ini terjadi pula dengan Anda. Namun sebenarnya Anda tidak perlu mengkhawatirkan bahwa buah hati akan terkena penyakit.

Mengapa demikian? Pasalnya beberapa  penelitian menyebutkan bahwasanya bermain di tempat yang kotor justru baik bagi perkembangan kesehatan anak-anak. Mengutip dari vemale.com, penelitian yang dipublikasikan melalui The Journal of Allergy and Clinical Immunology menyebutkan bahwasanya agar anak-anak terhindar dari alergi maka disarankan untuk bermain di tempat yang  kotor. Melalui penelitian tersebut  terungkap bahwasanya anak-anak yang bersentuhan dengan kotoran lumpur, tanah, debu, dan sebagainya justru  memiliki tingkat kekebalan tubuh terhadap alergi dibandingkan dengan akan-anak yang tidak pernah bermain di tempat kotor. Bahkan cenderung terlalu higienis.

Berdasarkan penelitian tersebut dikatakan juga bahwasanya anak-anak yang pernah bermain di tempat kotor jauh lebih kuat  dan sedikit yang terjangkit penyakit alergi dan asma. Anak-anak yang terbiasa higienis lebih rentan terkena alergi kaena tubuhnya terlalu bersih sehingga tidak mampu membangun kekebalan terhadap alergi dengan baik.

Apakah harus membebaskan anak-anak bermain dimana saja dan tidak perlu menjaga  kebersihan? Tidak juga demikian. Bijak dan bisa menempatkan adalah pilihan terbaik. Pasalnya jika membiasakan anak terlalu higienis maka hal tersebut justru akan membuat tubuh tidak membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Namun tetap saja Anda harus membiasakan untuk hidup bersih karena tetap saja ada banyak kuman penyait yang bisa jadi berbahaya untuk anak-anak. Anak-anak diperbolehkan untuk bermain di tempat yang kotor. Namun tetap harus cuci tangan ketika akan masuk rumah, makan, memegang adik, setelah buang air kecil atau besar dan sebagainya. Dengan demikian keseimbangan lebih diperlukan untuk perkembangan kekebalan dan kesehatan tubuh anak Anda.

Menjaga kebersihan perlu didukung pula dengan konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, protein hewani maupun nabati, lemak dan sebagainya. Sehingga kekebalan tubuh anak bisa diperoleh dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi dari dalam . Selain itu juga diperoleh dengan membiasakan mereka bermain di tempat yang kotor. Jadi ketika Buah Hati Bermain di Tempat Kotor? Tak Perlu Khawatir!