Cara Efektif Mencegah Demam Berdarah

Berandasehat.comCara Efektif Mencegah Demam Berdarah biasanya banyak dicari dan dilakukan ketika sudah banyak kasus demam berdarah terjadi. Padahal seharusnya tidak demikian. Perlu melakukan pencegahan agar tidak banyak orang yang tertular penyakit demam berdarah. Pada dasarnya faktor utama penularan penyakit demam berdarah adalah penderita itu sendiri, kemudian nyamuk aedes aegipty dan orang sehat. Maka upaya pencegahan yang perlu dilakukan tidak hanya fokus pada nyamuk saja. Perlu upaya yang menyeluruh.

Cara Efektif Mencegah Demam Berdarah perlu dilakukan secara menyeluruh dan tidak hanya menunggu sampai ada kasus demam berdarah terjadi di sekitar lokasi. Dan beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain :

1. Lakukan 4-M (Menguras, Menutup, Mengubur, dan Memantau). Langkah ini merupakan langkah pencegahan paling umum disarankan untuk dilakukan. Mulai dari menguras berbagai tempat penyimpanan air, menutup tempat penampungan air, mengubur semua tempat atau sampah yang bisa menampung air dan tidak terpakai kemudian memantau selalu setiap penampungan air yang dimiliki sehingga begitu melihat ada jentik-jentik segera mengurasnya.

2. Langkah plus. Langkah plus ini biasanya tidak terpisah dengan langkah 4-M yang sering disarankan. Langkah plus yang perlu dilakukan antara lain sebaiknya tidak menggantung terlalu banyak pakaian dalam waktu lama karena biasanya sering dijadikan sarang nyamuk. Kemudian jika memungkinkan bisa memelihara ikan untuk mengurangi jentik-jentik. Sebaiknya membubuhkan bubuk abate pada tempat penampungan air dan cegah agar tidak digigit nyamuk misalnya menggunakan obat pencegah gigitan nyamuk yang banyak terjual, seperti HIT Obat Nyamuk.

3. Pengobatan yang baik dan isolasi bagi penderita demam berdarah. Jika ada anggota keluarga yang menderita demam berdarah segera diberikan pengobatan dan isolasi agar tidak menular pada anggota keluarga lainnya.

4. Tingkatkan kekebalan tubuh. Jika saat ini dalam keadaan sehat maka perlu tetap menjaga daya tahan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Karena pada dasarnya orang tertular penyakit termasuk demam berdarah karena daya tahan tubuh yang lemah. Itulah sebabnya perlu mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, banyak minum air putih, konsumsi suplemen vitamin bila perlu dan tentu saja hindari tempat-tempat yang sedang terjadi kasus demam berdarah.

Berbagai Cara Efektif Mencegah Demam Berdarah tersebut perlu dilakukan seluruh lapisan masyarakat sehingga tidak terjadi peningkatan kasus demam berdarah. Selalu menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan, dan mencegah jangan sampai tergigit nyamuk aedes aegypti adalah langkah terbaik sehingga tidak tertular penyakit demam berdarah. Baca juga Cara Mudah Cegah Penyakit Pilek.