7 Cara Meluruskan Rambut Yang Awet dan Tahan Lama

cara meluruskan rambut Cara Meluruskan Rambut – Rambut seringkali disebut sebagai mahkota wanita yang membuat daya tarik dan pesonanya terpancar semakin kuat, membuat wanita semakin cantik dan anggun. Coba bayangkan jika seorang wanita tidak memiliki rambut alias botak, tentu saja kelihatan aneh dan kurang menarik bukan? Makanya, tidak jarang wanita rela merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya perawatan rambut setiap bulannya . Saat ini wanita cenderung menyukai gaya rambut lurus lho, mengapa ya? Alasan mereka simpel, penampilan tampak lebih elegan, anggun dan selalu kelihatan fresh. lalu, bagaimana cara meluruskan rambut yang awet dan bisa bertahan lama? baca juga : Vitamin rambut yang bagus apa ya ?

Sebenarnya Anda tidak perlu bingung, karena saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk meluruskan rambut dengan cepat seperti smoothing, rebonding dan lain-lain, yang bisa di dapatkan dengan mudah di salon dan pusat-pusat kecantikan. Namun, sayangnya melakukan perawatan rambut dengan cara-cara tersebut terkadang menyisakan masalah di kemudian hari seperti rambut menjadi tidak sehat, kering, kusam, bercabang, fatalnya lagi rambut akan menjadi rontok dan semakin rusak, nggak banget bukan? Para pakar kecantikan tampaknya telah menyadari akan hal ini sehingga tidaklah mengherankan kalau sekarang banyak bermunculan produk-produk prawatan rambut yang  berasal dari ekstrak bahan-bahan alami disinyalir mampu merawat dan menyehatkan rambut.

Oke, langsung saja kita intip yuk 7 cara meluruskan rambut secara alami yang terbukti lebih awet dan tahan lebih lama.

1.Telur & Susu

Kedua bahan ini sangat mudah di dapatkan dan tergolong murah, namun tentu Anda masih sangsi apakah kedua bahan ini benar-benar bisa meluruskan rambut, benar bukan? Kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat pada telur dan susu sangat baik untuk merawat kulit kepala, mencegah ketombe, dan dalam jangka waktu tertentu akan membuat rambut menjadi lurus yang tahan lama. Tidak percaya? Coba buktikan dan lakukan dengan cara berikut ini:

  • Ambil 1 butir telur, gunakan telur ayam kampung, dan jangan lupa tambahkan dua cangkir susu putih, jangan tambahkan bahan pemanis seperti gula ( kedua bahan yang telah di racik ini di sebut masker rambut)
  • Gunakan masker rambut hasil campuran telur dan susu dengan cara dioleskan di helai-helai rambut secara merata.
  • Selanjutnya, tutup rambut Anda dengan shower cap (penutup kepala saat mandi) dan biarkan hingga 15-20 menit. Sebagai tambahan masker rambut alami ini digunakan 30 menit setelah selesai keramas dan memakai kondisioner.

2.Jeruk Nipis & Santan Kelapa

Santan kelapa memiliki senyawa dan kandunga nutrisi yang baik khususnya bagi kesehatan rambut, mulai dari protein nabati, zat besi, mangan, fosfor, potassium, tembaga, selenium, folat, zinc serta vitamin-vitamin seperti Vitamin C, E, K, B6, B1, Asam Panthotenat dan kalsium yang kesemuanya memiliki peran untuk menyehatkan rambut. Selanjutnya, jeruk nipis juga kaya akan Vitamin C dan zat besi yang baik untuk merawat dan menyehatkan rambut. Paduan jeruk nipis dan santan kelapa akan memberikan efek yang maksimal untuk menyehatkand an meluruskan rambut Anda. Menggunakan kedua bahan ini untuk meluruskan rambut cukup mudah kok, gunakan santan kelapa yang kental sebanyak 1 gelas, campurkan dengan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis. Selanjutnya di balurkan secara merata ke seluruh rambut hingga ke akar-akarnya, tutup rambut dan diamkan kurang lebih 1 jam, sebelum dibilas dengan air bersih.

3.Campuran Minyak Almond & Kondisioner

Biasanya setelah melakukan keramas, tentu Anda memakai kondisioner untuk meluruskan rambut, benar bukan? Namun dengan menggunakan kondisioner saja hasilnya tentu kurang maksimal. Menurut anjuran beberapa ahli kecantikan sebaiknya ditambahkan beberapa tetes minyak almond pada kondisioner ( sekitar 3-4 tetes ), dan lakukan perawatan ini secara rutin setelah Anda keramas, agar rambut semakin lurus dan sehat.

4.Daun Sop atau Seledri

Daun rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, obat  penurun kolesterol, pembersih ginjal, obat rematik, anti anemia, dan meningkatkan imunitas dan masih banyak manfaat lainnya. Namun tahukah Anda ternyata seledri juga masuk dalam kategori bahan alami yang efektif meluruskan rambut dan cara memakainya juga praktis. Ambil kurang lebih segenggam daun sop, cuci hingga bersih, kemudian blender atau ditumbuk hingga benar-benar halus. Selanjutnya, jangan lupa tambahkan sedikit air sebelum diperas dengan menggunakan media kain bersih, ambil air hasil perasan dan simpan dengan wadah botol. Sebelum digunakan air hasil perasan dari daun seledri harus di diamkan selama satu malam sebelum digunakan. Keesokan harinya air ekstrak daun seledri sudah bisa digunakan dengan dibalurkan pada rambut hingga akarnya secara merata, berikan sedikit pijatan lembut untuk relaksasi dan stimulasi, dan setelah 15 menit bilaslah rambut dengan air bersih.

5.Tanaman Lidah Buaya ( Sebagai kondisioner )

Sudah sejak dulu lidah buaya dikenal sebagai tanaman penyubur rambut, kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya juga membuat tanaman ini banyak digunakan untuk meluruskan rambut, bagian tanaman yang digunakan adalah gel-nya. Cara menggunakan lidah buaya untuk meluruskan rambut sebagai berikut:

  • Gunakan satu batang lidah buaya yang baru saja di peti ( yang masih segar ), selanjutnya pisahkan gel yang terdapat di bagian dalam batang dengan cara memotong, atau isinya dapat dikerik dengan sendok atau sejenisnya.
  • Panaskan gel lidah buaya untuk beberapa saat, setelah dingin kemudian gel tersebut di oles atau dibalurkan secara merata di seluruh bagian rambut hingga ke kulit kepala sebagai kondisioner yang dipakai setelah keramas. Dengan rajin menggunakan kondisioner berupa gel lidah buaya setiap kali habis keramas, rambut akan menjadi lurus, sehat dan berkilau.

6.Minyak Kastor ( Castor Oil )

Di luar negeri minyak ini banyak digunakan untuk menyehatkan, menyuburkan, termasuk meluruskan rambut. Di Indonesia minyak ini lebih dikenal dengan sebutan minyak jarak. Minyak ini terbilang sangat efektif untuk meluruskan rambut, karena tidak mengandung senyawa-senyawa yang berpotensi merusak rambut. Berikut cara sederhana menggunakan minyak jarak untuk meluruskan rambut,simak step-stepnya ya !

  • Panaskan minyak jarak secukupnya
  • Saat masih hangat, oleskan secara merata dan perlahan-lahan pada kulit kepala, jangan lupa berikan pijatan lembuts elama 5 menit agar minyak jarak meresap ke dalam pori-pori kulit kepala. Kemudian, bungkus kepala dengan menggunakan handuk hangat yang sebelumnya sudah direndam ke dalam air panas. Setelah 30 menit, jangan lupa bilas rambut hingga bersih seperti biasanya.

7.Masker Rambut Pisang dan Pepaya

Pisang dan pepaya juga diyakini memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang mampu menjadikan rambut lurus dan sehat, tidak heran jika saat ini banyak produk masker rambut yang berbahan dasar pisang dan papaya. Namun lebih baik lagi jika Anda membuat sendiri masker rambut di rumah, disamping lebih ekonomis, Anda juga bisa memastikan bahwa masker yang di berasal dari bahan-bahan yang masih segar.

Berikut ini cara meluruskan rambut dengan masker pisang dan pepaya :

  • Ambil mangkuk ukuran sedang
  • Ambil daging buah pisang dan pepaya secukupnya, masukkan ke dalam mangkuk yang telah disediakan sebelumnya.
  • Tumbuk keduanya secara bersamaan hingga halus, pastikan keduanya benar-benar menyatu dan tercampur rata, sehingga nantinya akan berbentuks eperti masker. Jika terlalu pekat atau kental, tambahkan sedikit air hangat. Oh ya, tambahkan juga sedikit madu murni ya. Selanjutnya masker pisang dan pepaya siap digunakan keseluruh bagian rambut hingga ke akar-akarnya. Setelah 30 menit, barulah rambut di cuci dan dibersihkan dengan cara keramas agar sisa-sisa masker pisang dan pepaya benar-benar bersih.

Demikian 7 cara meluruskan rambut secara alami yang bisa awet dan dapat bertahan lama jika di aplikasikan dengan benar, teratur. Pastikan rambut lurus, sehat dan berkilau menjadi milik Anda. baca juga : Penyebab rambut beruban di usia muda

Leave a Comment