Cara Membersihkan Muka Ala Pakar Kecantikan

Beranda Reviews – Mengapa kulit muka saya tampak kusam, tidak mulus dan cenderung berjerawat? Padahal saya rajin dan rutin membersihkan muka setiap hari. Inilah pertanyaan dan pernyataan yang sering timbul dalam pikiran sebagian orang, dan barangkali termasuk Anda bukan? Tentu hal ini sangat wajar dialami setiap orang yang notabene sudah aktif melakukan perawatan wajah dan membersihkan muka secara teratur, namun hasilnya tidak memuaskan, lalu apa yang salah? Hmmm, sebenarnya tidak ada yang salah, hanya saja mungkin ada hal-hal yang perlu di perbaiki, misalnya cara membersihkan muka yang dilakukan setiap hari sudah benar atau tidak? Mengapa ini penting? Menurut hasil studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa sekitar 50% wanita tidak membersihkan muka atau mencuci wajah dengan cara yang tidak benar, tidak menggunakan produk yang tepat, sekalipun mereka rutin melakukannya. Apakah Anda termasuk dalam kategori yang 50% atau tidak? Coba  kita lihat ya!

Cara Membersihkan Muka
Cara Membersihkan Muka

Aktifitas dan rutinitas yang Anda lakukan setiap hari, baik itu di dalam ruangan, maupun di luar ruangan menyebabkan debu dan kotoran-kotoran yang terbang terbawa angin akan mudah menempel ke kulit, terutama bagian wajah. Nah, jika wajah tidak rajin di bersihkan dan di cuci selepas menjalani aktivitas akan membawa masalah seperti muka kusam, hitam, berjerawat dan lain sebagainya. Namun, membersihkan wajah yang terkesan sembrono dan alakadarnya, tidak menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit, dan sebagainya juga tidak akan membuat wajah bersih dan terbebas dari masalah-masalah kulit. Lalu bagaimana cara membersihkan muka yang baik dan benar sesuai rekomendasi para ahli dan pakar kecantikan?

Hal pertama yang harus di pahami adalah jenis kulit Anda termasuk tipe yang mana, apakah jenis kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif atau kulit normal.

Kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori yang cukup besar, terlihat mengkilap karena aktifnya pori-pori mengeluarkan minyak. Untuk jenis kulit ini biasakan menggunakan produk yang bebas minyak atau oil-free, Anda juga boleh menggunakan sabun pembersih muka yang berbahan gel, karena sabun jenis ini dapat membersihkan minyak dengan sangat baik.

Kulit Kering, biasanya cenderung bertekstur kasar dan bersisik. Untuk jenis kulit ini disarankan untuk menghindari produk-produk pembersih muka yang mengandung alko*hol, gunakan pembersih wajah yang lembut dan tidak kulit semakin kering dan cenderung mengalami iritasi.

Kulit Sensitif, memiliki ciri-ciri mudah gatal dan perih ketika menggunakan produk-produk perawatan dan jenis kosmetik tertentu. Dan jika Anda memiliki jeniskulit normal biasanya akan terlihat dan tampak bersih dan tidak sensitif.

Nah, setelah Anda mengenali jenis kulit wajah dan menggunakan produk-produk perawatan kulit dan pembersih wajah dengan tepat, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah rutin membersihkan wajah dengan cara yang dianjurkan, step-stepnya sebagai berikut.

  • Gunakan cairan remover untuk sisa makeup sebelum mencuci wajah dengan air. Banyak orang berpikir bahwa dengan mencuci wajah dengan air dan sabun sudah cukup untuk menghilangkan sisa-sisa make-up, namun tentu saja hal tersebut tidak sepenuhnya benar, mengapa? karena ada make-up yang tidak mudah hilang hanya dengan menggunakan sabun, seperti mascara dan eye liner dan biasanya hanya dapat hilang dengan cairan remover khusus. Jadi bersihkan sisa makeup Anda dengan cairan remover, baik yang berbahan dasar cairan biasa maupun remover yang berbahan minya (khusus untuk mascara dan eye liner).
  • Bersihkan Wajah dengan Lembut. Setelah sisa-sisa makeup sudah dibersihkan, waktunya Anda membersihkan muka dengan sabun pencuci muka yang disesuaikan dengan jenis kulit, kemudian basuhlan dengan jari, sponge, atau waslap khusus untuk wajah. Setelah itu basuhlah menggunakan air hangat, dan tidak dianjurkan menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu panas karena dapat mengiritasi dan merusak pembuluh-pembuluh darah kapiler (tepi).
  • Keringkan Wajah dengan Handuk Bersih. Jika wajah Anda sudah dicuci bersih dengan dua lengkah diatas, penting diingat bahwa handuk yang digunakan untuk mengerinkan wajah juga harus terjaga kebersihannya, jangan menggunakan handuk yang seadanya (terlihat kotor). Jangan sampai Anda menggunakan handuk yang tergantung di wastafel.

Disamping ketiga hal pokok diatas, ada hal lain yang perlu dijaga kebersihannya seperti tempat tidur Anda, pastikan sprei dan sarung bantal tetap bersih dan diganti secara rutin agar bakteri dan kuman tidak menempel pada kulit wajah saat Anda tidur.

Setelah membaca artikel sederhana tentang cara membersihkan muka ala pakar kecantikan, tentu Anda sudah bisa membandingkan apakah cara yang selama ini dilakukan sudah tepat atau belum, dan kami sangat yakin Anda sudah memahami dengan baik bahwa  membersihkan wajah tidak hanya berbicara soal kuantitas tetapi yang tidak kalah penting adalah kualitas. Bagaimana menurut Anda?

Beri Nilai Artikel