Cara menghilangkan bau ketiak permanen Yang Terbukti Manjur

Cara Menghilangkan Bau Badan

Jika kita membahas soal bau badan, sebenarnya sangat identik dengan bau ketiak, mengapa? Karena bau badan yang kerap kali muncul pada seseorang itu umumnya berasal dari aroma ketiak yang menyengat dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Jadi artikel berandasehat.com  kali  ini temanya tentang cara menghilangkan bau badan atau cara menghilangkan bau ketiak permanen. Kita lanjut ya !

Anda mungkin pernah mengalami masalah bau badan atau ketiak? Atau mungkin saat Anda secara tidak sengaja tercium aroma ketiak yang menyengat dari teman-teman, saat lagi ngumpul. Tentu hal tersebut membuat suasana menjadi tidak nyaman bukan. Terkadang orang yang mempunyai masalah bau badan (bau ketiak) terkadang kurang menyadari bahwa bau badan mereka sangat mengganggu teman-teman atau orang-orang di sekitarnya. Mau dibilangin terus-terang tetapi takut nantinya menjadi tersinggung. Nah, kalau sudah begini jadi serba salah deh, tidak di bilangin kita akan merasa terganggu jika berdekatan dengannya, kalau dibilangin takut tersinggung lagi. Lalu harus bagaimana? Semoga saja mereka cepat nyadar ya !

Cara Menghilangkan Bau Badan
Cara Menghilangkan Bau Badan

Bau Badan Itu Bisa Hilang Secara Permanen Gak Ya?

Menggunakan deodorant untuk mengurangi atau menghilangkan bau ketika biasanya hanya bersifat sementara, dan hanya bisa bertahan untuk jangka waktu tertentu, misalnya saat digunakan pagi hari, efeknya hanya bertahan hingga tengah hari atau paling lama sore hari, kemudian efek deodoran akan hilang dan bau ketiak dating lagi, benar bukan? Lalu adakah cara yang benar-benar manjur untuk menghilangkan bau ketiak secara permanen? Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan bau badan secara permanen, coba kita kenali terlebih dulu penyebab bau badan.

Menurut kalangan medis yang menjadi biang keladi atau penyebab munculnya aroma kurang sedap dari ketiak adalah terdapatnya bakteri pada lapisan pori-pori yang tertutup oleh keringat, misalnya pada ketiak. Meskipun jumlah atau presentase bakteri yang ada hanya 1% namun luar biasanya bakteri yang sangat sedikit tersebut mampu memecah protein dan mengubahnya menjadi asam sehingga menyebabkan bau yang menyengat dan kurang sedap.

Nah, jika Anda mengalami masalah bau badan, rasanya tidak perlu merasa minder, dan stres berlebihan, karena justru dengan stres yang berlebihan itulah yang akan membuat produksi keringat makin meningkat, dan akibatnya masalah bau badan tidak akan hilang, malah sebaliknya akan semakin bertambah parah.

Sebenarnya jika kita ingin terbebas atau terhindar dari masalah bau badan yang mengganggu, caranya cukup mudah yakni dengan selalu menjaga kebersihan personal dan menerapkan pola hidup sehat, yang dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

Rajin Mandi, Sekurang-kurangnya 2 Kali Sehari

Anda malas mandi? Kabar buruknya jika kita malas atau jarang mandi akan menjadi pemicu timbulnya bau badan lho!, tubuh kita akan mengeluarkan keringat setiap hari yang keluar melalui pori-pori kulit, dan keringat ini akan menyebabkan bakteri menempel dan menyebabkan bau badan, benar bukan? Saat mandi jangan lupa menggunakan sabun mandi yang mengandung anti bakterial agar bakteri yang menempel di kulit akan hilang saat mandi.

Rajin Komsumsi Buah-buahan

Buah-buahan segar sangat baik untuk kesehatan tubuh pada umumnya, dengan kandungan serat, vitamin yang tinggi baik untuk pencernaan dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Dengan rajin mengkomsumsi buah-buahan akan membuat usus tetap sehat sehingga keringatpun tidak akan berbau. Menurut para ahli buah jeruk, papaya, jambu biji, dan beberapa jenis buah lainnya di percaya dapat mengurangi, menghilangkan bau keringat yang kurang sedap. Untuk itu, sangat baik bila Anda mengkomsumsi buah-buahan segar setiap harinya.

Lakukan Olahraga Ringan Secara Teratur

Dengan berolahraga akan menyebabkan keringat banyak keluar, dengan demikian keringat akan membantu membuang bakteri yang menempel pda pori-pori kulit. Lakukan olahraga ringan seperti sepeda santai, jogging tiap pagi dengan teratur selama 30 menit. Dengan melakukan aktivitis olahraga secara rutin tiap hari akan membuat Anda semakin sehat dan terhindar dari masalah bau badan yang kurang sedap dan menyengat.

Cukur Bulu Ketiak Secara Teratur

Bagi Anda yang cenderung memiliki bulu ketiak yang cukup lebat, sebaiknya selalu di cukur, mengapa? Karena bulu ketiak akan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri untuk bersarang sehingga menyebabkan berbagai masalah terutama bau badan yang tidak sedap. Dengan tindakan ini akan mengurangi bahkan akan menghilangkan bau badan yang mengganggu.

Gunakan Handuk dengan Baik dan Benar

Beberapa hal yang perlu diperhatikan yang berkaitan dengan handuk seperti handuk harus tetap bersih dan dicuci minimal 1 kali sebulan, handuk di jemur setiap kali selesai digunakan, jangan letakkan handuk basah dan lembab di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Kemudian perlu diperhatikan  juga bagaimana menggunakan handuk dengan benar setelah mandi, caranya setiap kali habis mandi gunakan handuk untuk mengeringkan kepala terlebih dahulu sampai benar-benar kering, baru kemudian bersihkan daerah-daerah lain dan pastikan tidak ada air yang tersisa terutama bagian ketiak Anda, pastikan tubuh Anda benar-benar kering dan tidak ada air yang masih tersisa di badan Anda. Tubuh yang masih basah dan lembab memungkinkan kuman atau bakteri mudah menempel dan berkembang sehingga akan menyebabkan bau badan.

Hindari Makanan Penyebab Bau Badan

Beberapa jenis makanan di percaya dapat menyebabkan bau badan menjadi kurang sedap, beberapa diantaranya :

Junkfood ( Makanan Cepat Saji )

Pola komsumsi makanan modern saat ini cenderung yang serba instant atau makanan cepat saji. Namun tahukah Anda bahwa makanan-makanan tersebut di buat dengan berbagai macam senyawa, dimana aneka senyawa tersebut akan membusuk dan sulit diurai didalam tubuh kita, akibatnya keringat dan bau badan menjadi tidak sedap. Contoh makanan-makanan tersebut adalah mie instan, sardines dan lain sebagainya.

Rempah-Rempah

Rempah rempah biasanya membuat berbagai masakan menjadi semakin enak, namun perlu diketahui bahwa tenyata beberapa jenis rempah-rempah dapat menyebabkan bau badan lho !, misalnya bawang putih, bawang merah, terasi, bumbu kari dan lain-lain. Idealnya Anda harus menghindari rempah-rempah tersebut agar tetap terhindar dari masalah bau badan.

Daging Merah

Perlu Anda ketahui bahwa daging merah itu termasuk jenis makanan yang sulit untuk dicerna di dalam tubuh kita, diperlukan waktu yang panjang agar makanan tersebut bisa di cerna dengan baik, akibatnya tentu masih ada zat yang tersisa di dalam tubuh yang bersifat toksik atau racun, dan zat inilah yang dapat menyebabkan bau keringat yang tidak sedap.

Kafein dan Alkohol

Anda senang ngopi? Tidak dipungkiri bahwa minuman kopi sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang, bahkan kebiasaan minum kopi sudah menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan tersebut dapat memicu timbulnya bau badan, tidak hanya kopi alko*hol juga dapat menimbulkan bau badan lho. Jadi penting keduanya harus dihindari agar terhindar dari bau badan.

7 Cara Menghilangkan Bau Badan Yang Terbukti  Ampuh

1.Tawas

Anda cukup familiar dengan tawas? Tawas sering kita kenal sebagai zat yang mampu menjernihkan air, benar bukan? Namun ternyata tawas merupakan zat yang terbukti ampuh menghilangkan bau badan secara permanen, tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri, caranya gunakan tawas yang masih berbentuk batu, gosokkan batu tersebut pada ketiak yang sebelumnya telah di basahi dengan air terlebih dahulu, gunakan beberapa saat sampai kelihatan berbusa, setelah itu bersihkan kembali ketiak dengan air. Lakukan hal tersebut setiap mandi, niscaya bau badan akan hilang secara permanen. Meskipun tawas terbuat dari bahan sintesis, namun Anda tidak perlu takut, karena tetap aman digunakan. Hindari menggunakan deodoran yang mengandung anti keringat, karena dapat menjadi pemicu berbagai penyakit seperti kanker pay*ud*ara.

2.Daun Sirih

Daun sirih merupakan jenis tanaman obat berupa dedaunan yang banyak mengandung zat antiseptic dan antibakterial sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi bau badan. Cara pemakaiannya cukup mudah, ambil beberapa helai daun sirih, kemudian tumbuk hingga halus, oleskan keseluruh tubuh terutama bagian ketika (khusus ketiak, gosok area tersebut kurang lebih selama 5 menit ), setelah di diamkan selama 10 menit silahkan bilas menggunakan air hangat-hangat kuku. Lakukan kebiasaan tersebut secara rutin untuk menghilangkan bau badan yang membandel.

3.Daun Kemangi

Daun kemangi cukup dikenal sebagai sayuran lalapan yang memiliki aroma wangi dan segar, sejak dulu daun kemangi di percaya orang tua mampu membuat aroma badan menjadi wangi, bau mulut juga menjadi wangi. Setelah diteliti, ternyata daun kemangi memiliki kandungan anti bacterial dan zat inilah yang akan mencegah bakteri menempel pada pori-pori kulit sehingga meminimalkan timbulnya bau badan. Caranya simpel, gunakan daun kemangi sebagai lalapan setiapkali makan, jadikan kebiasaan sehari-hari. Maka bau dan aroma badan Anda akan menjadi wangi.

4.Cengkeh

Cengkeh termasuk golongan rempa-rempah yang banyak digunakan untuk sebagai bumbu masakan di Indonesia, cengkeh mengandung zat anti inflamasi dan antibakterial yang berfungsi sebagai antiseptik dan anti peradangan. Ternyata cengkeh juga memiliki khasiat untuk mengurangi dan menghilangkan bau badan lho, caranya bagaimana? Mudah kok, rendam beberapa biji cengkeh di dalam ½ gelas air hangat, kemudian minum air hasil rendaman tersebut rutin 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

5.Daun Beluntas

Dalam seni pengobatan tradisional daun beluntas lebih di kenal sebagai obat anti jamur seperti panu, kadas, kurap dan kutu air, tanaman ini mengandung senyawa anti bakterial, anti jamur dan lain sebagainya. Selain obat jamur tenyata daun beluntas mampu menghilangkan bau badan bila digunakan dengan teratur. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sekitar kita jadi cukup mudah di dapatkan. Caranya tumbuk halus beberapa helai daun beluntas yang masih segar, kemudian oleskan ke seluruh bagian tubuh terutama di lipatan-lipatan seperti ketiak dan lutut.

6.Cuka Putih

Anda tentu kenal dengan cuka putih bukan? Cuka ini biasa digunakan untuk memberi rasa asam pada makanan seperti soto, sop, dan lain-lain. Cuka juga biasa digunakan sebagai pengganti jeruk nipis. Sifat asam dari cuka ini ternyata mampu membunuh dan mematikan kuman dan bakteri yang menempel pada pori-pori kulit, sehingga efeknya Anda akan terhindar dari bau badan yang kurang sedap dan menyengat. Caranya gunakan kapas sebagai media, dan teteskan sedikit cuka putih pada kapas tersebut dan gosokkan pada lipatan ketiak untuk beberapa saat, lakukan beberapa kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

7.Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis atau lemon merupakan jenis buah-buahan yang sudah terkenal memiliki sejuta khasiat dan manfaat untuk memelihara kesehatan kita, salah satu khasiatnya ternyata mampu menghilangkan bau badan yang menyengat, terutama bau badan yang bersumber dari bagian lipatan tubuh seperti ketiak. Ini karena adanya kandungan anti bacterial pada jeruk nipis atau lemon yang akan melawan kuman dan bakteri yang menempel pada pori-pori kulit Anda. Gunakan sedikitnya 2 buah jeruk nipis yang kemudian diperas, kemudian campurkan hasil perasan tersebut dengan kapur sirih secukupnya sehingga berbentuk krim, selanjutnya siap digunakan dengan cara di oleskan pada bagian ketiak setiap kali selesai mandi, mudah bukan?

Terlepas dari bagaimana cara yang Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan, keberhasilan pengobatan akan tergantung keyakinan, kesabaran dan konsistensi Anda. Untuk beberapa kasus bau badan juga bisa di picu oleh penyakit tertentu, oleh karena itu lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik masalah bau badan yang mengganggu rasa percaya diri Anda.

5/5 (1)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share This