Cara Menghilangkan Bau Mulut Alami Vs Modern, Mana Yang Efektif?

Cara Menghilangkan Bau Mulut – Masalah bau mulut atau nafas tak sedap dan berbau merupakan momok yang menakutkan, terutama bagi kaum remaja maupun dewasa, bagaimana tidak ? Anda akan menuai masalah dalam pergaulan Anda, saat berbicara dengan teman, kolega bisnis, bahkan dengan orang dekat Anda, mereka akan terganggu dengan bau dan nafas Anda, sehingga mereka akan menjauhi Anda. Jika mengalami masalah ini, jangan di biarkan, segera cari cara untuk menghilangkan dan mengobati nafas yang kurang sedap.

Cara menghilangkan bau mulut

Penyebab Bau Mulut Yang Sering di Anggap Sepele

Bau mulut secara medis di sebut halitosis, biasanya akibat kebersihan mulut yang sangat buruk. Partikel makanan yang tertinggal di mulut dan sela-sela gigi diuraikan oleh bakteri sehingga menyebabkan bau dan aroma yang tidak enak.

Makanan dan minuman tertentu seperti bawang putih dan bir juga dapat membuat nafas Anda berbau. Bau mulut juga terjadi saat mulut Anda kering, dan biasa terjadi saat bangun tidur. Penyebab lainnya termasuk sinus atau infeksi tenggorokan, diabetes, penyakit paru-paru, atau diet penurunan berat badan.

Namun, tahukah Anda bahwa beberapa biang penyebab bau mulut berikut ini terkadang luput dari perhatian, dan sering disepelekan, padahal sangat berpotensi menyebabkan bau mulut. Berikut beberapa penyebab bau mulut yang sering disepelekan

Kurangnya Kebersihan Gigi dan Mulut

Tentu saja orang yang kurang memperhatikan kebersihan gigi dan mulut akan mengalami masalah nafas dan mulut berbau, tumpukan sisa-sisa makanan di gigi dan rongga mulut yang tidak dibersihkan secara teratur akan menimbulkan plak dan karang gigi, serta menjadi media yang subur bakteri-bakteri berkembang biak dan kabar buruknya mulut Anda akan bau.

Penyakit Tertentu Pada THT dan Saluran Pencernaan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa terkadang bau mulut bersifat menetap dan susah untuk hilang walaupun Anda sudah rajin membersihkan gigi dan mulut, ini tentu berkaitan dengan penyakit-penyakit tertentu seperti penyakit pada hidung dan sinus ( radang sinus ), penyakit-penyakit pada sistem pencernaan seperti penyakit maag, penyakit infeksi pada saluran nafas, kesemua itu menjadi penyebab bau mulut yang dialami.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Alami

Makan Beras – Kebiasaan ini sering dilakukan oleh orang tua kita dahulu dan merupakan tips yang masih dipakai untuk menghilangkan bau mulut, misalnya saat Anda mengkomsumsi jengkol, petai, atau jering, dengan mengkomsumsi beras setelahnya akan membantu mengurangi bau yang makanan yang menyengat dari makanan tadi.

Rajin Komsumsi Buah – Buah terbukti sangat baik untuk mengatasi dan mencegah bau mulut. Kandungan air, dan vitamin C dalam buah-buahan merupakan media yang baik untuk mencegah dan mengobati bau mulut yang mengganggu. Usahakan buah ada dalam daftar menu Anda setiap hari.

Minum Kopi– Minum kopi yang sudah diseduh atau masih berupa serbuk sangat ampuh mengatasi bau mulut secara instan lho, jika Anda ingin menghilangkan bau mulut secara cepat, coba saja minum kopi maka masalah bau mulut akan terselesaikan, namun sifatnya belum tentu permanen lho.

Rajin Minum Susu – Susu kental manis ternyata cukup ampuh mengatasi bau mulut, seperti diketahui bahwa kandungan yang terdapat dalam susu salah satu manfaatnya adalah membuat gigi tetap sehat dan tidak mudah rusak. Nah, dengan memiliki gigi yang sehat, maka bau mulutpun akan kabur, benar bukan?

Cara Menghilangkan Bau Mulut Modern

Sikat gigi sebelum tidur dan saat bangun tidur. Sikat juga lidah Anda. Gunakan sikat gigi berbulu halus dan pasta gigi fluoride, dan kumur hingga bersih.

  • Bersihkan dengan dental floss ( benang gigi ) untuk membersihkan plak
  • Jika Anda menggunakan protesa ( gigi palsu ), keluarkan saat malam hari dan bersihkan dengan baik. Anda juga seharusnya membersihkan kawat gigi yang dapat di buka seperti yang disarankan dokter gigi.
  • Yakinkan untuk sarapan di pagi hari, karena ini menstimulasi ludah, yang meluruhkan bakteri yang menumpuk di malam hari. Buah dan sayuran juga menstimulasi ludah, jadi perbanyaklah makan buah dan sayuran setiap hari.
  • Bawa sikat gigi saat kerja atau sekolah sehingga dapat menggosok gigi setelah makan. Jika Anda tidak dapat menggosok gigi diantara waktu makan, hisap permen karet tanpa gula, yang menambah aliran ludah.
  • Cairan pembersih mulut dan pengharum mulut hanyalah berefek menutupi tapi dapat berguna dalam jangka waktu yang pendek.Anda dapat mencoba obat kumur yang biasanya mengandung perasa dan ekstrak mentol untuk menyegarkan nafas. Juga mengandung fluorida untuk melindungi dari kerusakan dan gangguan gusi. Jangan berikan pada anak-anak karena mereka bisa menelannya. Kemudian penyegar nafas dalam bentuk semprotan ( spray ) dan tablet kecil yang larut di lidah, efektif dalam waktu pendek untuk bau mulut. Ini akan menutupi bau mulut dengan wangi yang enak ( biasanya mint ), efeknya sekitar 20 menit.
  • Kunjungi dokter Anda jika telah mencoba langkah diatas selama satu minggu namun bau mulut tetap bertahan. Atau anda menderita sakit gigi, radang gusi atau berdarah.

Demikian tips dan cacar menghilangkan bau mulut dan nafas yang tak sedap dengan cara alami Vs cara modern, menurut Anda mana yang lebih efektif? Perlu diingat bahwa menjaga kebersihan mulut setiap saat adalah langkah penting dalam mencegah bau mulut, jadikan kebiasaan dalam kehidupan Anda dan Keluarga.