Cara Merangking Di Google.co.id dan Menjadi Nomor Satu

Cara Merangking di Google – Membuat website menjadi nomor satu di mesin pencari Google merupakan dambaan tiap pebisnis online. Hal ini karena mereka menggantungkan trafiknya dari proses pencarian organik pada search engine seperti Google. Cara merangking di Google perlu untuk diketahui terutama oleh para pebisnis online agar jasa atau produk yang mereka tawarkan semakin memiliki banyak peminat. Merangking website di Google merupakan cara yang tepat dalam memaksimalkan potensi bisnis, terutama untuk para pemain di pasar lokal seperti online shop dan lain-lain.

baca juga : Juara I “SEO Competition UseeTV “ Tahap I & II

Cara Merangking di Google
Cara Merangking di Google dan Menjadi Nomor Satu

Menjadi nomor satu atau hasil pencarian teratas pada mesin pencari Google dan bukan via adwords akan menjadikan potensi website kita untuk dikunjungi menjadi lebih besar apabila dibandingkan dengan hanya menjadi page one. Cara merangking di Google tidak lepas dari adanya tiga faktor utama yang harus diperhatikan, yaitu :

baca juga:
2019 |Terungkap Rahasia SEO Master | Ahli | Pakar SEO Indonesia

Pertama adalah konten website itu sendiri yang menggunakan bahasa Indonesia. Ini merupakan syarat wajib apabila kita ingin menjadi nomor satu di Google.co.id.

Kedua, mendapat backlink yang berasal dari website atau blog dnegan server hosting berasal dari Indonesia. Namun umumnya kita tidak perlu mengecek apakah server IP hosting berasal dari Indonesia. Karena kalaupun ternyata server hosting yang dipakai bukan dari Indonesia, backlink dari website tersebut masih tetap berguna dalam cara merangking di Google, misalnya dari Google.com. Selain itu, persentase pencarian di Google.com maupun Google.co.id terbilang seimbang.

Poin ketiga adalah mendapat backlink yang berasal dari web yang berbahasa Indonesia. Ada banyak sumber yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan potensi website kita. Cara merangking di Google dengan cara ini juga merupakan yang paling umum digunakan karena memang terbilang sering dipraktekkan dan seringkali kita lihat. Berikut adalah berbagai sumber untuk backlink yang berasal dari blog dengan bahasa Indonesia yang dapat kita manfaatkan.

baca juga:
Kontes SEO Terbaru dari Pusdiklat Pemendagri Mulai Maret 2019

Cara Mendapatkan Rangking 1 Google Dengan Menggenal Backlink

  1. Pertama adalah dari blogpost. Sumber ini termasuk susah dicari akan tetapi memiliki kualitas paling bagus. Mendapatkan backlink yang bersumber dari blogspot atau artikel di web juga akan sangat bagus terutama untuk off page web. Ini karena kita akan mendapat backlink di mana konten yang tersedia relevan. Agar backlink lebih powerful, carilah website yang sudah cukup lama, memilki pembaca tetap serta memiliki niche yang sama dengan money site yang kita gunakan. Untuk mendapat backlink dari jenis ini, kita bisa melakukan browsing di internet terutama di komunitas blogger lokal. Dari satu blog yang kita temukan, kita bisa dengan mudah turut menemukan blog lainnya karena umumnya para blogger seringkali bertukar komentar, link, award dan lain sebagainya.
  2. Kedua adalah dengan memanfaatkan blogroll. Efek yang ditimbulkan cukup besar, namun resikonya juga besar. Ini karena link di blogroll nantinya tidak akan ada dalam artikel. Sehingga link dapat diletakkan di suatu halaman yang relevan atau bahkan tidak relevan walaupun berada di blog yang sama. Blogroll termasuk massive link, kecuali apabila settingan blogroll adalah homepage only dan bukan sidewide. Sebelum membeli link dari blogroll, pastikan money site telah kuat dan stabil. Selain itu, carilah blog yang memiliki niche relevan.
  3. Ketiga adalah blog komen. Baik yang manual maupun auto, pastikan persentase dari komentar memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dalam website dibandingkan dengan link komentar follow.
  4. Cara merangking di Google selanjutnya adalah social bookmark. Walaupun memiliki daftar website terbatas, namun apabila kita telaten maka bukan tidak mungkin backlink di sini akan menghasilkan.
  5. Berikutnya adalah forum post, yaitu backlink yang ada di situs forum lokal. Kita bisa membuatnya melalui thread baru atau thread starter maupun di komen thread yang sudah terlebih dahulu ada. Forum lokal ini di antaranya adalah tribunnews, abatasa dan kompas. Ketiga forum tersebut masih memiliki link dofollow, authority serta auto approve. Masih banyak forum lokal lain yang bisa kita gunakan.
  6. Backlink juga bisa ditempatkan di bagian forum signature atau profile yang ada di profil forum lokal milik kita. Biasanya ditempatkan di About Me.
  7. Yang bisa kita coba juga adalah web 2.0. Termasuk di antaranya adalah blogspot, wordpress, tumblr, blogdetik dan lain sebagainya. Kita bisa membuat web 2.0 sebagai blog dummy lalu membuat backlink menggunakan tipe blogroll maupun blogpost.
  8. Terakhir adalah dengan membuat blog network kita sendiri. Dengan begini kita akan semakin leluasa ketika memasang link, baik blogroll maupun blogpost. Kita juga lebih bebas dalam hal memilih niche yang hendak digunakan, apakah hendak dibuat general atau disamakan saja dengan money site yang digunakan. Sebutan untuk blog network ini bermacam-macam, mulai dari private blog network atau PBN, small PBN, mini PBN serta dummy. Konsep utama dari cara ini sama saja, yaitu membuat sebuah jaringan atau network yang terdiri dari blog-blog milik sendiri serta dikontrol sendiri pula.

Demikian adalah beberapa cara merangking di Google agar website kita dapat menjadi nomor satu dalam hasil pencarian organik di search engine Google. Selamat mempraktekkan dan semoga berhasil.

5/5(2)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *