5 Cara Merawat Kulit Yang Benar, Murah dan Sehat

5 Cara Merawat Kulit Yang Benar, Murah dan Sehat –Setiap orang tentu menginginkan kulit yang sehat, bersih, dan tidak kusam,benar bukan? Sehingga mereka berlomba-lomba dan berusaha mencari cara perawatan dianggap paling baik, mulai dari cara-cara alami, hingga menggunakan bahan-bahan kimia dan rela mengelurakan uang lebih untuk mendapatkan kulit sehat yang diidam-idamkan, bagaimana dengan Anda?

Cara Merawat Kulit

Cara Merawat Kulit

Menurut pakarnya kulit sehat itu dapat diihat dari beberapa faktor. Pertama, warna kulit – orang Indonesia umumnya memiliki tipikal warna kulit putih, kuning langsat, dan juga hitam manis. Warna kulit yang sehat itu terlihat berseri dan enak dipandang mata, kalau kulit putih alami tidak terlihat pucat. Berbeda dengan kulit yang putih karena bahan kimia, terlihat pucat. Katanya sih kalau kita ingin mengetahui warna kulit kita, bisa dilihat di bagian tubuh yang sering tertutup, misalnya perut. Gampang bukan? Kedua, Tekstur dan Elastisitas Kulit. Kulit yang sehat itu terasa lebih lembut dan halus saat diusap dengan jemari kita, kelembabannya cukup, tidak kering, dan tidak terlalu berminyak sehingga terlihat kenyal dan segar. Sangat berbeda dengan kulit yang tidak sehat dimana akan terasa kaku saat disentuh, dan sanga sensitif bila kontak dengan sinar matahari langsung, dan tentu saja kulit yang tidak sehat juga memiliki elastisitas kulit yang rendah.

Kenali Jenis dan Karakteristik Kulit Anda

Sebelum melakukan perawatan kulit tentu Anda harus mengenali jenis dan karekteristik kulit Anda terlebih dahulu, kok begitu? Jawabannya sangat sederhana, dengan mengenali jenis kulit akan mempermudah Anda dalam melakukan perawatan yang cocok dengan jenis kulit Anda. Banyak orang yang frustasi setelah melakukan perawatan kulit secara rutin, tetapi tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, parahnya lagi justru kulitnya menjadi rusak. Hal ini bisa saja terjadi karena mereka tidak mendapatkan informasi yang benar tentang karakteristik dan jenis kulit mereka, sehingga salah dalam memberikan perawatan untuk kulit.

Berikut ini ada 4 jenis kulit yang wajib Anda ketahui dan akan membantu mengenali jenis kulit Anda

Jenis Kulit Normal

Jenis kulit normal memiliki karakteristik tidak terlalu kering dan tidak juga terlalu berminyak (sedang-sedang saja). Lebih jauh ciri-ciri jenis kulit ini yakni tidak terlalu sensitif, warna kulit tampak bercahaya, berseri, sekilas tidak tampak pori-porinya. Cara merawat kulit normal inilah yang paling mudah di banding jenis kulit lainnya.

Jenis Kulit Kering

Kulit kering itu merupakan tipe kulit yang kurang memiliki kelembaban alami, memiliki sedikit sekali minyak yang bisa melindungi dan mempertahankan kelembaban pada permukaan kulit. Lebih jauh tipe kulit ini memiliki ciri-ciri umum diantaranya permukaan kulit tampak kusam dan kasar, agak bersisik, kurang elastis, terlihat terlihat lebih banyak garis-garis pada kulit, terkadang juga timbul bercak merah di kulit. Nah, jika jenis kulit seperti ini terpapar faktor-faktor yang dapat menambah kering pada kulit, biasanya kulit akan mengelupas, terlihat retak-retak, gatal, iritasi hingga terjadi peradangan. Hal mendasar yang perlu diperhatikan untuk jenis kulit kering seperti jangan mandi terlalu lama, mengapa? karena akan mengikis kadar minyak di permukaan kulit, gunakan sabun yang jenis yang ringan (mild), hindari menggunakan sabun yang mengandung deodoran da deterjen. Jangan lupa oleskan selalu pelembab setelah mandi.

Jenis Kulit Berminyak

Kulit minyak berarti memiliki kadar minyak berlebihan pada permukaan kulit, kondisi ini akan terlihat jelas pada wajah, tipe kulit ini bahkan akan terlihat berminyak kembali sesaat setelah dibersihkan. Perlu juga di pahami bahwa jenis kulit ini bisa karena faktor keturunan lho! Atau karena masa pubertas yang memaksa kelenjar minyak menghasilkan sebum secara berlebihan. Ciri lain untuk jenis kulit berminyak adalah pori-pori tampak besar, kulit kusam dan mengkilat, dan paling sering dihinggapi komedo hingga jerawat. Hal mendasar yang perlu Anda pahami untuk kulit berminyak yakni jika menggunakan produk harus berlabel bebas komedo, mengapa? karena jenis produk seperti itu tidak akan menyumbat pori-pori Anda ketika digunakan. Satu hal lagi, jika terdapat komedo atau jerawat, jangan di pencet atau di pecahkan ya! Takutnya penyembuhannya lambat atau malah terjadi infeksi.

Jenis Kulit Sensitif

Hal penting yang harus di pahami betul bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, yakni mengenali benar pemicu-pemicu yang akan membuat kulit Anda tambah sensitif. Pemicu kulit sensitif bisa berbeda-beda bagi setiap orang, namun lebih sering hal tersebut terjadi akibat penggunaan produk perawatan kulit tertentu.

Setelah membaca 4 jenis kulit diatas, tentu Anda sudah memperoleh gambaran tentang jenis kulit Anda. Lalu bagaimana Cara Merawat Kulit dengan Benar dan Sehat? Berikut ini ada 5 hal mendasar yang perlu Anda ketahui tentang perawatan kulit yang benar, diantaranya.

Minum Air yang Cukup

Poin ini kelihatannya terlihat sepele, tapi sebenarnya memberikan dampak yang besar bukan hanya bagi kesehatan dan kecantikan kulit, tetapi untuk kesehatan secara umum. Sebagai gambaran tubuh kita 60% terdiri dari air lho! Bayangkan jika kita kekurangan asupan cairan dalam tubuh kita, tentu akan mengganggu kesehatan kita bukan? Air yang paling dianjurkan adalah air putih minimal 6 – 8 gelas per harinya. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh kita terpenuhi tentu akan mempertahankan kelembaban kulit sehingga tetap sehat, cantik dan berseri.

Bersihkan Wajah 2 Kali Sehari

Membersihkan wajah 3 kali sehari tujuannya agar terhindar dari penyumbatan yang dapat terjadi pada pori-pori kulit, terutama kulit wajah, gunakan jenis pembersih yang cocok dengan jenis kulit Anda. Dengan  mencuci wajah juga akan melindungi timbulnya jerawat dan komeda di wajah Anda.

Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

Tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, benarkah? Memang demikian, persis yang diutarakan oleh dokter kulit ternama di New York Dr. Marino Peredo. Lebih lanjut dijelaskan bahwa  tanda awal kerusakan kulit  di awali dengan bintik-bintik hitam atau putih yang biasa kita kenal dengan komedo, dan jika keadaan tersebut terus berlangsung, mau tidak mau  jerawat tentu tak terhindarkan lagi. Oleh karena itu Anda harus membiasakan diri membersihkan muka dari sisa-sisa kosmetik sebelum beranjak tidur.

Pengangkatan Sel Kulit mati

Kulit terlihat kusam umumnya disebabkan karena keberadaan sel kulit mati di wajah, dan sel kulit mati seringkali menyumbat pori-pori kulit sehingga menyebabkan komedo, jerawat bahkan peradangan. Idealnya diperlukan pengangkatan sel kulit mati cukup seminggu sekali agar kulit mampu beregenerasi dengan baik. Ingat terlalu sering menerapkan metode ini (lebih dari 1 kali seminggu) akan membuat kulit Anda kering bahkan menjadi iritasi.

Berikan Pijatan Lembut di Bagian Bawah Mata

Dengan memberikan pijatan di bagian bawah mata bertujuan agar sirkulasi darah di area tersebut tetap lancar dan akan terhindar dari masalah kantung mata atau mata panda. Lakukan pijatan lembut di area bagian bawah mata dengan menggunakan krim mata atau minyak zaitun.

So, dengan mengetahui jenis dan karakteristik kulit, dasar-dasar cara merawat kulit yang benar, aman dan sehat, tentu akan menjaga kulit tetap sehat, dan terhindar dari masalah-masalah yang mungkin terjadi pada kulit Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *