Cara Mudah Atasi Gatal Akibat Cacar Air yang Dialami Buah Hati Anda

Saat buah hati Anda sedang terkena cacar air terkadang mereka akan mengeluh kulit yang terasa gatal. Padahal ketika gatal menyerang, sudah pasti secara reflek akan segera menggaruknya. Tindakan ini tentu justru akan berbahaya karena besar kemungkinan bisa menimbulkan infeksi bakteri pada luka yang timbul karena digaruk. Cairan yang pecah akibat bisul yang digaruk tidak hanya bisa menimbulkan infeksi namun juga bisa menimbulkan bekas luka yang sulit hilang.

cacarBagaimana mencegah buah hati untuk tidak menggaruk bisul yang terasa gatal tentu bukan urusan yang mudah. Orang dewasa saja harus menahan diri setengah mati untuk tidak menggaruk rasa gatal. Apalagi anak-anak, tentu secara reflek akan menggaruknya. Padahal untuk memberikan obat secara kimia terlalu sering dikhawatirkan akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi buah hati.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal yang dirasakan. Mengutip dari webmd.com dikatakan bahwasanya untuk mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan dari cacar air ini bisa dilakukan dengan berendam air hangat. Nah, jika buah hati Anda mengeluh rasa gatal yang tidak bisa ditahan lagi, apalagi ketika gerah atau cuaca panas, rasa gatal pasti akan sangat terasa. Tidak ada salahnya menyediakan air hangat dan memintanya untuk berendam. Gatal pun bisa teratasi tanpa harus menggaruknya dan tidak khawatir akan melukai kulit mereka.

Apakah cacar air boleh terkena air? Selama ini memang ada anggapan, bahwasanya cacar air akan semakin parah ketika terkena air. Padahal dengan mandi justru akan membuat lebih fresh dan bisa membersihkan bakteri-bakteri yang ada pada tubuh dan cacar air. Jadi Anda tidak perlu khawatir.

Agar lebih efektif, air hangat yang digunakan untuk berendam tersebut bisa ditambah dengan bubuk gandum halus dan baking soda. Kedua bahan tersebut bisa membantu untuk mengatasi rasa gatal. Namun jika memang tidak tersedia, Anda bisa mempercayakan pada air hangat saja. Gatal akibat cacar air bisa berkurang, Anda pun tidak perlu khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan karena memang tidak ada efek sampingnya. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?